Dengan begitu banyaknya spesifikasi dan fitur mesin potong plasma, tentu anda akan bingung untuk memilih mesin potong plasma yang cocok untuk kebutuhan kita. Pemilihan mesin potong plasma yang tepat akan berdampak besar terhadap produktivitas bisnis yang dijalankan. Jangan takut kami telah menyusun panduan tips yang bisa anda ikuti saat membeli mesin potong plasma untuk memastikan Anda melakukan pembelian yang tepat. (Penjelasan Lengkap Plasma Cutting)

Pertimbangkan Kebutuhan Anda
Tidak mungkin Anda dapat memilih produk yang tepat kecuali Anda tahu persis apa yang Anda butuhkan. Mengetahui apa yang Anda cari berarti Anda dapat memilih mesin potong plasma yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti halnya membeli alat las, jenis mesin potong plasma yang Anda pilih akan ditentukan oleh jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Tidak seperti pemotongan oxy-fuel, mesin plasma cutting  mampu memotong hampir semua jenis logam. Oleh karena itu, pertimbangan utama saat memilih mesin plasma cutting adalah ketebalan dan jumlah logam yang Anda rencanakan untuk dipotong.

Mesin Plasma Cutting

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempersempit jenis mesin potong plasma yang Anda cari:

  • Apakah Anda berencana untuk memotong dengan tangan atau di atas meja?
  • Apakah Anda memerlukan unit yang portabel (ringan dan mudah dipindahkan di sekitar ruang kerja)?
  • Jenis bahan apa yang Anda rencanakan untuk potong?
  • Berapa anggaran Anda?
  • Bagaimana Anda akan memberi daya pada mesin potong plasma Anda? Apakah Anda akan menggunakan generator atau menyesuaikan outlet listrik?
  • Apakah Anda memotong logam tebal?
  • Seberapa sering Anda akan menggunakan mesin potong plasma Anda?
  • Apakah arus listrik Anda berfluktuasi?

Saat Anda ingin menentukan pilihan mesin potong plasma yang sesuai, pertanyaan-pertanyaan diatas akan mempersempit pilihan Anda. Di waktu yang bersamaan akan ada pilihan mesin yang menonjol sesuai dengan kebutuhan anda. Pilihan menonjol mungkin akan ada pada brand, karena brand juga menentukan kualitas dari mesin. (Pilihan Gas Untuk Plasma Cutting)

Anda juga bisa menemukan mesin plasma multi fungsi yang bisa menjalankan fungsi las sekaligus seperti MMA dan TIG. Jika kamu hanya menggunakan mesin potong hanya sesekali, ini adalah pilihan yang cocok karena kamu bisa mendapatkan 2 fungsi las secara bersamaan. Tetapi jika anda melakukan pemotongan yang intens mesin plasma stand alone lah yang anda haru pilih agar bisa menjalankan performa maksimal.

Jika anda melakukan pekerjaan mobile maka unit mesin yang portable adalah pilihan terbaik dan anda harus mempertimbangkan kemampuan mesin dalam dalam menangani fluktuasi daya dari generator.

Berikut adalah pertimbangan untuk menentukan mesin plasma terbaik.

Pertimbangkan Output Power

Output power (atau arus listrik) dalam mesin potong plasma menunjukkan ketebalan bahan yang dapat dipotong oleh mesin. Seringkali, mesin plasma cutting akan dinilai berdasarkan arus listriknya dan Anda akan dapat mengetahui kisaran ketebalan optimal yang dapat dipotongnya. Misalnya, daya keluaran 12 amp dari mesin 120V akan dapat memotong sebagian besar logam berukuran 1/8 inci, sedangkan daya keluaran 60 amp dari mesin 230V akan dapat memotong sebagian besar logam dengan ketebalan 7/8 inci.

Pastikan kisaran ketebalan ini sesuai dengan bahan yang paling sering Anda potong. Aturan praktis yang baik untuk diingat adalah bahwa semakin tebal bahan Anda, semakin besar arus listrik yang Anda perlukan untuk dapat memotongnya.

Ada juga mesin potong plasma berbasis inverter yang menyediakan daya keluaran pemotongan tinggi, namun beratnya jauh lebih ringan daripada mesin pemotong biasa yang menawarkan kapasitas pemotongan yang sama. (MENGENAL TEKNOLOGI MESIN LAS INVERTER – IGBT & MOSFET)

Kecepatan Potong

Kecepatan potong dapat diukur dari tingkat output yang dihasilkan oleh mesin dan bergantung pada ketebalan logam yang dipotong. Hal ini penting diketahui untuk menentukan efisiensi pekerjaan dan jika salah menentukan akan menyebabkan penurunan produktivitas.

Untungnya, Anda tidak perlu menghitung sendiri kecepatan potong pada mesin potong plasma karena sangat umum bagi produsen untuk menampilkan informasi ini sehingga Anda dapat dengan mudah membandingkan berbagai mesin potong plasma.

Kecepatan pemotongan untuk mesin plasma biasanya menggunakan pengukuran  Inci Per Menit (IPM). Alur kerja dan prioritas Anda akan menentukan apa yang Anda butuhkan, ada mesin yang dapat memotong logam ½ inci dalam satu menit, ada yang membutuhkan empat sampai lima menit jika kecepatan potongnya lambat. Memilih alat berat dengan kecepatan potong yang tepat dapat membuat perbedaan antara investasi yang baik dan penurunan produktivitas Anda.

Mengetahui Duty Cycle

Siklus kerja / Duty Cycle mengacu pada lamanya waktu dalam rentang sepuluh menit dimana mesin potong plasma dapat beroperasi tanpa istirahat sebelum perlu didinginkan. Misalnya, siklus kerja 30% berarti mesin potong plasma dapat berjalan selama tiga menit, dan perlu didinginkan selama tujuh menit.

Jika mesin dijalankan pada daya yang lebih rendah, siklus kerja dapat diperpanjang, meskipun kondisi operasi yang terlalu panas dapat mempersingkatnya. Menggunakan mesin di luar siklus tugasnya akan menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Biasanya, siklus kerja panjang ideal untuk pemotongan dalam atau panjang, sedangkan siklus kerja yang lebih pendek paling baik untuk pemotongan kecil biasa.

Sangat penting untuk membeli mesin potong plasma dengan siklus kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda mungkin memerlukan mesin potong plasma untuk beroperasi selama enam menit (dengan pendinginan empat menit). Jika Anda membeli mesin potong plasma dengan siklus tugas empat atau lima menit, daripada siklus tugas enam menit, Anda akan menemukan bahwa kemungkinan akan terlalu panas dan membebani Anda dalam pemeliharaan. (Plasma Cutting – Dengan Atau Tanpa Kompresor)

Memilih Torch Yang Tepat Untuk Mesin Potong Plasma

Ada dua jenis torch mesin potong plasma yang umum. Torch yang paling umum adalah yang memiliki sistem yang dapat memulai frekuensi tinggi sehingga dapat menghasilkan percikan dengan cepat. Torch dengan frekuensi tinggi ini dapat diandalkan namun sesekali membutuhkan perawatan yang dapat menimbulkan electric noise yang dapat mengganggu peralatan listrik lainnya.

Pilihan lainnya adalah contact start torch yang menggunakan elektroda bergerak atau nozzle untuk menghasilkan percikan api yang menyalakan pilot arc. Torch jenis ini tidak membuat gangguan dengan peralatan listrik lainnya dan langsung menyala tanpa pre-flow cycle.

Jika Anda berencana mengerjakan logam tipis, kemungkinan besar Anda hanya memerlukan torch aliran tunggal yang bekerja dengan arus listrik terbatas dan tidak memerlukan aliran gas pelindung tambahan untuk mendinginkan torch. Untuk operasi pemotongan yang lebih besar atau berencana untuk memotong logam tebal, torch aliran ganda dengan gas pelindung akan memungkinkan untuk memotong logam yang lebih tebal pada arus listrik yang tinggi.

Mesin Las Terbaik

Terlepas dari pilihan torch dalam memulai busur plasma atau penggunaan gas pelindung, pilihlah desain torch yang pas dengan tangan Anda, terutama jika Anda berencana menggunakannya untuk waktu yang lama.

Memilih Consumable Untuk Mesin Potong Plasma

Setelah melakukan pembelian awal mesin potong plasma, biaya berkelanjutan yang paling penting adalah ujung pemotongan (cutting tip) dan elektroda. Oleh karena itu, sebelum Anda mengambil mesin potong plasma, pelajari sebanyak mungkin tentang seberapa cepat mesin Anda akan menggunakan barang-barang ini. Beberapa pertimbangan seperti ujung yang rusak karena teknik yang buruk atau elektroda yang aus akan memperlambat kecepatan pemotongan Anda sehingga mengurangi kualitas pemotongan Anda, dan sering kali disarankan untuk mengganti ujung dan elektroda secara bersamaan untuk mencapai kinerja pemotongan terbaik. (Tips Memilih Consumable Plasma Cutting)

Pertimbangkan Biaya Pengoperasian

Biaya operasi mesin plasma cutting berhubungan erat dengan bahan consumablenya. Bahan consumable adalah bagian seperti ujung potong dan elektroda yang perlu diganti seiring waktu.

Bahan consumable adalah biaya berkelanjutan, oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan bagaimana mesin Anda akan menggunakannya – apakah akan cepat aus? Jika demikian, itu bisa menghabiskan banyak uang.

Hal Lain Yang Perlu Dipertimbangkan

Seperti halnya mesin besar lainnya, penting untuk menguji mesin potong plasma atau setidaknya memastikan penjual menawarkan kebijakan pengembalian yang baik jika pemotong tidak berjalan baik / rusak. Selain itu, garansi yang andal akan memastikan investasi Anda dalam sistem pemotongan baru akan baik untuk jangka panjang.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1 | Sumber 2