Pemotongan plasma merupakan sebuah proses pemotongan melalui bahan konduktif listrik dengan menggunakan jet plasma panas yang dipercepat. Teknologi ini banyak digunakan di berbagai industri. Berikut adalah adalah alasan yang membuat pemotongan plasma menjadi salah satu teknologi paling menarik.

Sejarah

Pemotongan plasma berasal dari pengelasan plasma, yang merupakan teknik populer di tahun 1960-an. Metode ini diperkenalkan sebagai metode pemotongan yang sempurna pada 1980-an. Mengapa metode ini menjadi begitu populer? Alasannya adalah karena pemotongan plasma tidak menghasilkan serpihan logam dan sangat akurat selama pemotongan. Mesin pemotong plasma yang pertama dibuat memiliki ukuran yang sangat besar dan sebagian besar dirancang untuk produksi massal, karena pola pemotongan yang berulang. (Tips Memilih Mesin Plasma Cutting)

Pada tahun 1980-an teknologi pemotongan plasma mahal, sekarang kita dapat menemukan mesin ini hampir di mana-mana. Mereka banyak digunakan di perusahaan produksi dan bengkel pribadi. Pemotongan plasma ini menjadi sangat umum, sehingga seorang penghobi individu dapat membeli satu dan memotong baja sendiri.

Apa Itu Pemotongan Plasma?

Plasma Cutting

Pemotongan plasma adalah proses pemotongan logam (aluminium, baja, tembaga, dll.), dengan menggunakan busur plasma. Itu dilakukan secara mekanis atau manual. Proses pemotongan mekanis terutama menyangkut pemotongan menggunakan pemotong CNC atau robot industri. Sumber panas yang melelehkan logam adalah busur plasma yang bersinar antara elektroda dan benda kerja. (Memilih Consumable Terbaik Untuk Mesin Plasma)

Pemotongan plasma/plasma cutting merupakan proses peleburan di mana pancaran gas terionisasi pada suhu di atas 20.000°C digunakan untuk melelehkan dan memisahkan material saat pemotongan.

Ketika pancaran plasma mengenai benda kerja, rekombinasi terjadi dan gas kembali ke keadaan normal, memancarkan panas yang hebat pada prosesnya. Panas ini melelehkan logam dan aliran gas memisahkan logam menjadi potongan. Gas yang digunakan untuk mesin plasma biasanya argon, argon/hidrogen atau nitrogen. Gas-gas inert ini dapat digantikan oleh udara (oxy-fuel) tetapi ini membutuhkan elektroda khusus seperti hafnium atau zirkonium. Banyaknya pilihan gas yang dapat digunakan membuat pemotongan plasma ini lebih kompetitif dibandingkan dengan proses oxy-fuel. Proses oxy-fuel dapat digunakan untuk memotong baja karbon dan tahan karat hingga setebal 20mm, sedangkan penggunaan gas inert lebih disukai karena kualitas potongan yang lebih baik. (Pilihan Gas Terbaik Untuk Plasma Cutting)

Busur plasma dapat memotong berbagai material yang sangat variatif termasuk karbon biasa dan baja tahan karat, aluminium dan paduannya, paduan nikel dan titanium. Metode ini awalnya dikembangkan untuk memotong bahan yang tidak dapat dipotong dengan baik oleh proses oxy-fuel. Pemotongan busur plasma juga dapat dilakukan di bawah air menggunakan peralatan khusus.

Mesin CNC

CNC berarti Computer numerical control (Kontrol Numerik Terkomputerisasi). Ini adalah sistem kontrol numerik, yang dilengkapi dengan komputer mikro, yang dapat diprogram secara bebas. Istilah ini biasanya digunakan untuk pengolahan bahan dengan menggunakan perangkat yang dikendalikan komputer, seperti:

  • Mesin penggilingan;
  • Kulit;
  • Pemberat listrik.

Pemesinan CNC memungkinkan eksekusi bentuk kompleks yang cepat, tepat, dan berulang. (Plasma Cutting – Dengan Atau Tanpa Kompresor?)

Konfigurasi Pemotongan Plasma CNC

Kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa ada tiga konfigurasi utama Pemotongan Plasma CNC. Masing-masing tergantung pada bentuk bahan yang akan diproses juga faktor yang sangat penting dalam pemotongan plasma adalah fleksibilitas kepala pemotongan. Berikut konfigurasinya konfigurasinya:

  • 2 Dimensi / 2-Axis Plasma Cutting
  • 3 Dimensi / 3+ Axis Plasma Cutting
  • Tube / Bagian Plasma Cutting

Mesin Plasma Cutting

Keselamatan

Selama proses pemotongan plasma, semua orang yang terlibat harus memperhatikan keselamatannya. Kita harus memiliki pelindung mata dan pelindung wajah yang tepat. Plasma sangat panas dan dapat merusak mata dan kulit kita dalam hitungan detik. Selain itu, kita harus memiliki pakaian yang sesuai. Sarung tangan kulit, apron dan jaket akan melindungi tubuh kita dari percikan api atau kotoran.


Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

sumber 1 | sumber 2 | sumber 3