Apakah mesin potong plasma memerlukan gas? Jawabannya iya, semua sistem plasma, termasuk pemotongan plasma menggunakan gas dalam prosesnya. Dibandingkan menggunakan satu jenis gas, banyak pengguna memilih menggunakan sistem plasma dengan kemampuan dual-gas atau multi-gas. Hal ini berarti bahwa ada berbagai jenis plasma dan gas pelindung yang dapat digunakan untuk berbagai jenis penggunaan. Torch multi-gas memberikan fleksibilitas yang paling tinggi untuk pekerjaan memotong berbagai macam material. Penggunaan gas dapat disesuaikan dengan jenis material, ketebalan material, tingkat keseimbangan kualitas pemotongan, masa pakai suku cadang, produktivitas, dan biaya operasional. (Penjelasan Lengkap Plasma Cutting)

Plasma Cutting

Banyak buku petunjuk  mesin potong plasma yang membingungkan operator dengan menyajikan berbagai tabel mengenai pilihan gas yang dapat digunakan.  Artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran singkat tentang keuntungan dan kerugian dari masing-masing gas, sehingga dapat dijadikan rekomendasi terbaik untuk memotong tiga materi paling umum: baja ringan, baja tahan karat, dan aluminium.

Udara

Udara merupakan gas plasma paling serbaguna; menghasilkan kualitas dan kecepatan potong yang baik pada baja ringan, stainless, dan aluminium. Udara juga dapat menurunkan biaya operasi karena tidak perlu membeli gas. Namun udara tidak gratis. Udara toko harus dibersihkan untuk menghilangkan kontaminasi seperti partikulat, kabut minyak, dan kelembaban solusinya adalah dengan menggunakan kompresor udara khusus untuk menangani keadaan tersebut. Kekhawatiran lain dengan plasma udara adalah kemampuan memotong pada bagian tepi.

Beberapa nitridasi (pengerasan permukaan logam) dan oksidasi pada permukaan potongan terjadi ketika menggunakan plasma udara; ini dapat menyebabkan porositas pada lasan. Masalah ini biasanya diperbaiki dengan hanya menggunakan kawat las berkualitas baik dengan denitriders dan deoxidizers. Untuk fleksibilitas, kecepatan yang baik, tingkat residu yang rendah, dan masa pakai suku cadang hingga 600 penggunaan, udara adalah pilihan yang baik untuk banyak bengkel. Gunakan pelindung udara saat menggunakan plasma udara. (Mesin Plasma Cutting – Dengan Atau Tanpa Kompresor?)

Oksigen

Gas Oxygen, Plasma Cutting

Oksigen telah menjadi standar industri untuk pemotongan baja ringan karena memberikan kualitas pemotongan terbaik, bersih, dan kecepatan potong tercepat dari semua gas plasma. (Plasma pemotongan plat aluminium atau plat stainless dengan gas plasma oksigen tidak dianjurkan). Gas plasma oksigen bereaksi dengan baja karbon untuk menghasilkan semprotan logam cair yang lebih halus, sehingga menghasilkan permukaan potongan yang lebih rapi. Semprotan cair ini lebih mudah dikeluarkan dari sela potongan. (Tips Memilih Mesin Plasma Cutting)

Kekurangan dari oksigen adalah biaya gas dan masa pakai suku cadang. Namun sistem plasma oksigen mutakhir menggunakan gas inert (seperti nitrogen) dengan plasma oksigen untuk mencapai masa pakai komponen yang serupa dengan sistem nitrogen atau udara. Sistem ini mungkin memiliki umur suku cadang dalam kisaran 800-1500 penggunaan. Peningkatan konsumsi dan biaya gas biasanya diimbangi dengan penurunan operasi sekunder yang mahal yaitu untuk menghilangkan kotoran dan meluruskan bagian yang miring.

Nitrogen

Nitrogen merupakan gas yang paling sering digunakan. Gas ini merupakan pilihan terbaik jika Anda memotong banyak aluminium dan stainless. Kualitas potongan dan umur suku cadang sangat baik, dengan elektroda dan nozzle yang bisa dipakai setidaknya 1000 pemakaian. Pada umumnya udara adalah pilihan gas pelindung terbaik ketika menggunakan plasma nitrogen. Air juga dapat digunakan ketika menggunakan plasma nitrogen jika sistemnya memungkinkan. Penggunaan air sebagai gas pengganti harus digunakan dengan meja air.

Argon Hidrogen 

Gas Argon , Plasma Cutting

Argon hidrogen adalah gas pilihan untuk pemotongan stainless dan aluminium tebal (> 1/2″) Campuran biasanya yang digunakan adalah 35% hidrogen: 65% argon (H-35). Gas ini adalah gas plasma pembakaran terpanas dan memberikan kemampuan pemotongan maksimum. (Argon hydrogen dapat digunakan dalam obor injeksi air hingga 1000 amp untuk memotong stainless hingga 6″). Dalam obor multi-gas, hidrogen Argon memberikan potongan lurus dan permukaan yang hampir seperti dipoles dengan sangat halus pada baja tahan karat. Beberapa kotoran bergerigi dapat terjadi di sepanjang tepi bawah. Nitrogen biasanya digunakan sebagai gas pelindung dengan plasma hidrogen argon. Kekurangan dari kombinasi ini adalah biayanya yang mahal.

Panduan bergambar untuk pemilihan gas plasma:

Plasma Gas/ShieldBesi RinganStainlessAluminum
Udara/UdaraKualitas dan kecepatan pemotongan yang baik. EkonomisKualitas dan kecepatan pemotongan yang baik. EkonomisKualitas dan kecepatan pemotongan yang baik. Ekonomis
Oxygen (O2)/UdaraHasil potongan dan kecepatan  yang sangat baik. Menghasilkan sangn sedikit kotoran.Tidak direkomendasikanTidak direkomendasikan
Nitrogen (N2)/CO2Kualitas potong yang cukup baik dengan sedikit kotoran. Masa pakai spare part cukup panjangKualitas potong yang bagus. Masa pakai spare part cukup panjangKualitas potong yang bagus. Masa pakai spare part cukup panjang
Nitrogen (N2)2/UdaraKualitas potong yang cukup baik dengan sedikit kotoran. Masa pakai spare part cukup panjangKualitas potong yang bagus. Masa pakai spare part cukup panjangKualitas potong yang bagus. Masa pakai spare part cukup panjang
Nitrogen (N2)/H20Kualitas potong yang cukup baik dengan sedikit kotoran. Masa pakai spare part cukup panjangKualitas potong yang sangat bagus. Masa pakai spare part cukup panjangKualitas potong yang sangat bagus. Masa pakai spare part cukup panjang
Argon Hydrogen/N2Tidak direkomendasikanBekerja dengan baik di ketebalan lebih dari 0.5 inchBekerja dengan baik di ketebalan lebih dari 0.5 inch

Gas terbaik untuk digunakan tergantung, terutama pada tiga pertimbangan: kualitas pemotongan, produktivitas, dan ekonomis.

  • Pada baja ringan, gunakan plasma oksigen dan pelindung udara untuk mendapatkan kualitas potongan terbaik dan bersih, tingkat sampah terendah, pengerjaan ulang minimal, kemampuan las yang sangat baik, dan kecepatan/produktivitas pemotongan tertinggi.
  • Untuk kualitas pemotongan terbaik pada stainless dan aluminium di bawah 1/2″ gunakan plasma nitrogen dan sekunder udara untuk keseimbangan kualitas pemotongan dan harga terjangkau. Untuk pemotongan yang sedikit lebih baik dan lebih cepat, gunakan CO2 sebagai sekunder. Jika sistem Anda memungkinkan, pelindung air akan memberikan kualitas tepi terbaik.
  • Untuk kualitas pemotongan terbaik pada stainless dan aluminium tebal, gunakan argon-hidrogen dengan sekunder nitrogen. PERINGATAN: sistem Anda mendukung untuk pengoperasian yang aman dengan gas hidrogen argon.
  • Untuk pemotongan paling ekonomis, penggunaan udara yang bersih adalah pilihan terbaik untuk memotong aluminium, baja ringan, dan stainless. 

    Pemilihan bahan habis pakai / consumable untuk mesin potong plasma juga sangat penting untuk menekan biaya produksimu, simak artikel berikut ini. (MEMILIH BAHAN HABIS PAKAI/CONSUMABLE UNTUK MESIN POTONG PLASMA)

Mesin Plasma Cutting


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber