Pengelasan Flux-Cored Arc Welding atau yang banyak dikenal dengan pengelasan perisai ganda merupakan jenis pengelasan semi otomatis. Sistem pengelasan FCAW mirip dengan pengelasan dengan GMAW yang menggunakan gas aktif. Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan diantara keduanya.

Pada pengelasan FCAW, proses penggabungan logam menggunakan kawat las khusus yang dilapisi dengan lapisan flux. Lapisan flux ini melindungi inti dari elektroda yang meleleh selama proses pengelasan dan melindungi kolam las dari kontaminasi yang mungkin terjadi di udara. Pengelasan ini biasanya menggunakan jenis polaritas DCEP

Ada dua jenis kawat yang dapat digunakan dalam pengelasan FCAW, yaitu self-shielded tanpa menggunakan gas tambahan dan gas-shielded FCAW yang menggunakan gas. Yang membedakan keduanya adalah komponen pembentuk kedua kawat tersebut, yang dapat memberikan manfaat berbeda bagi penggunanya. Biasanya kawat las self shielded banyak digunakan untuk pengelasan luar ruangan atau yang disebut dengan pengelasan gasless.

Kawat las self-shielded didesain tidak hanya untuk melindungi dari oksidasi dari kolam las, tetapi juga memungkinkan untuk melindungi kolam las dari tetesan metal yang dari atmosfer. Kawat las gas-shielded juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi kolam las dari oksidasi, tetapi kawat ini juga dirancang untuk mempertahankan kolam las pada posisi yang seharusnya. Kawat las gas-shielded digunakan untuk produktivitas dari posisi pengelasan dan penetrasi yang lebih dalam.

Proses Pengelasan Flux-Cored Arc Welding

Pengelasan Flux-cored Arc Welding merupakan evolusi dari pengelasan MIG/GMAW dan MMA/SMAW untuk meningkatkan kualitas busur, penggabungan logam, sifat logam, dan tampilan las. Pengelasan ini termasuk dalam pengelasan busur, dimana api terus berjalan kawat las yang diumpankan secara terus menerus selama proses las.

Perlindungan pada kolam las diperoleh dari flux yang melapisi kawat las sehingga berbentuk seperti tabung. Flux pelindung ini terdiri dari campuran deoxidizers, zat fluxing, bubuk logam, dan ferro-alloy.

Jenis Pengelasan Flux-Cored Arc Welding

Proses pengelasan Flux-Cored Arc Welding dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Menggunakan gas karbondioksida sebagai pelindung tambahan
  2. Menggunakan kawat las flux-cored yang dapat

Pengelasan dengan gas karbondioksida dapat memproduksi penetrasi yang lebih dalam biasanya memberikan hasil las yang lebih baik dibandingkan pengelasan tanpa gas. Walaupun pengaturan dalam pengelasan berlangsung secara otomatis, tapi welder welder dapat juga melakukannya secara semi otomatis dengan cara menyesuaikan MIG Gun dan merubah pengaturan pada parameter yang tersedia selama proses las.

FCAW vs. GMAW &  SMAW

Pengelasan FCAW merupakan gabungan dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki pengelasan SMAW dan GMAW. Dalam prosesnya pengelasan ini menggunakan lapisan fux untuk melindungi kolam las dan dapat juga menggunakan gas sebagai pelindung tambahan. Proses pengelasan juga dapat berlangsung secara kontinyu karena wire feeder terus mengumpankan kawat las.

FCAW vs. GMAW

Pengelasan FCAW prosesnya mirip dengan pengelasan GMAW atau MIG dari berbagai sisi. Kawat las dengan lapisan flux lah yang memberikan karakteristik pengelasan yang berbeda. Pengelasan FCAW cocok digunakan untuk pengelasan yang membutuhkan deposisi tinggi. Pada pengelasan FCAW dengan arus yang tinggi, busur yang dihasilkan lebih halus dan lebih mudah diatur dibandingkan dengan menggunakan solid wire pada pengelasan MIG.

Hasil dari pengelasan FCAW akan meninggalkan lapisan kerak diatas lasan yang harus dihilangkan setelah proses las. Karena logam pengisi berpindah melalui busur, maka akan ada beberapa spatter terbentuk dan asap yang dihasilkan selama pengelasan FCAW. Sedangkan pada pengelasan GMAW menghasilkan spatter yang lebih sedikit dan juga tidak menghasilkan kerak sehingga tidak perlu dibersihkan.

Kelebihan lainnya dari pengelasan FCAW adalah memungkinkan welder untuk melakukan pengelasan di luar ruangan dengan kondisi berangin dengan menggunakan kawat las self-shielded. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika menggunakan gas pelindung, karena gas pelindung dapat hilang jika tertiup angin yang cukup kencang.

FCAW vs. SMAW

Pada pengelasan FCAW dan SMAW sama-sama menghasilkan slag atau kerak pada hasil akhir pengelasan, kerak ini berfungsi melindungi kolam las dari kontaminasi udara. Kerak ini perlu dibersihkan agar hasil las terlihat bagus dan pembersihan ini dapat mengurangi produktivitas.

Pengelasan FCAW juga menghasilkan asap yang cukup banyak seiring dengan tingginya arus dan voltase yang digunakan. Pada proses gas-shielded FCAW, porositas mungkin sekali terjadi jika cakupan gas yang tidak memadai.

Mesin las FCAW tergolong lebih kompleks dan mahal jika dibandingkan dengan mesin las MMA karena membutuhkan wire feeder dan MIG torch. Karena mesinnya yang kompleks juga menjadikan mesin las FCAW menjadi kurang portable jika dibandingkan dengan mesin las SMAW. Tetapi saat ini sudah ada mesin las FCAW yang lebih portable karena ukurannya yang kecil dan sama dengan mesin las SMAW dan juga sudah memiliki wire feeder yang menjadi satu didalam mesin sehingga mempermudah dalam pekerjaan-pekerjaan mobile. Salah satu contohnya adalah mesin las Daesung MIG 120 SE dan Daesung MIG 160 A, kedua mesin ini sudah dapat menjalankan fungsi FCAW atau gasless. Selain itu kedua mesin ini juga dapat dijalankan dalam mode pengelasan Lift-TIG, sehingga mesin ini memiliki 4 fungsi sekaligus dalam satu mesin.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1