CV Citra Harapan Jaya – Mari kita mulai perdebatan hari ini dengan mempertanyakan mana yang terbaik, antara mesin las inverter atau mesin las transformer. Jawaban singkatnya adalah “tergantung”. Semua kembali lagi kepada kelebihan, kekurangan, spesifikasi dan tujuan penggunaan kedua jenis mesin tersebut. Sekarang kita akan mulai membahas secara detail perbedaan dari mesin las inverter dan mesin las transformer. (Jenis-jenis Mesin Las MMA, TIG, dan MIG)

Inverter Dan Transformer

Transformer

Transformer adalah perangkat yang menggunakan prinsip elektromagnetik induksi untuk mengubah tegangan, sehingga dapat menambah atau mengurangi listrik AC dari bagian utama (input) ke bagian sekunder (output). Komponen utamanya adalah dasar kumparan, kumparan sekunder, dan inti besi. Dengan prinsip elektromagnetik, tegangan dapat dinaikan atau diturunkan sesuai dengan banyaknya jumlah kumparan.

Inverter

Inverter ini dapat mengkonversi energi listrik DC menjadi AC. Sistem ini dibangun menggunakan prinsip transformer dengan memodifikasi DC dibagian utama untuk meniru AC. Inverter akan membalik saklar untuk mengubah arus DC pada sisi utama, sehingga mensimulasikan arus AC. Pada sisi sekunder inverter yang melihat arus AC tersebut akan menghasilkan arus AC yang asli. (Perbedaan Las AC dan DC)

Sejarah

Transformer pertama dikembangkan ketika listrik sudah menjadi hal yang umum, yaitu diakhir tahun 1800. Tidak lama setelahnya, di awal tahun 1900, ditemukan bahwa transformer dapat digunakan untuk proses pengelasan. Butuh waktu beberapa tahun dan beberapa percobaan untuk dapat mengontrol arc agar membuat elektroda las dapat tertutup (dilapisi). Proses ini sekarang biasa disebut dengan Shielded Metal Arc Welding (SMAW). (Teknik Dasar dan Kesalahan Umum Las MMA)

Selama perang dunia pertama, pengelasan mengalami perkembangan yang sangat pesat karena besarnya kebutuhan dalam penggunaan konstruksi kapal dan tangki baja. Sebelum adanya mesin las, baja digabungkan dengan menggunakan paku keling dan penempaan. Jadi selama bertahun-tahun insinyur dan produsen berusaha membuat mesin las yang sangat canggih. (Perbedaan Hot-start, Arc-force, dan Anti-stick Pada Las MMA)

Pada tahun 1980 merupakan era baru untuk industri elektronik, bersamaan dengan semakin populernya penggunaan komputer pribadi. Seiring dengan pertumbuhan industri elektronik, insinyur menemukan bahwa inverter yang dikendalikan dengan perangkat lunak dapat digunakan untuk mengelas. Pada awal penggunaannya mesin las inverter menimbulkan banyak masalah seperti penggunaan, kontrol, hilangnya panas sampai masalah kelembaban. Tetapi pada awall tahun 2000an, mesin las inverter menjadi populer karena fleksibilitas dan kemampuan mengendalikan busur.

Perbandingan

Sekarang kita sudah bisa memulai membandingkan mana di antara mesin las inverter atau mesin las transformer yang lebih baik. Yah, walaupun inverter sudah menjadi standar untuk industri sekarang, tapi masih banyak tukang las yang masih memilih menggunakan mesin las transformer. Langsung saja kita bandingkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah. (5 Tips Memilih Mesin Las)

  • Apa Yang Kamu Las?

Kalau kamu membutuhkan fleksibilitas untuk mengubah pengelasan dengan tipe stick, MIG atau TIG dan beragam jenis material, mesin las inverter adalah yang terbaik untuk mu. Karena mesin dengan teknologi terbaru dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Jika kamu hanya menggunakan baja ringan dan terbiasa menggunakan teknik tick atau acr, transformer sudah cukup untuk itu.

  • Dimana Kamu Melakukan Proses Las?

Mesin las inverter bekerja sangat baik di kondisi dalam ruangan. Tapi mesin ini juga bisa digunakan dimana saja mulai dari bengkel rumah sampai dengan tempat konstruksi.

Mesin las transformer dapat bekerja dengan baik mulai dari dalam ruang sampai luar ruangan, bahkan dalam kondisi yang kotor, berdebu sampai berangin. Biasanya digunakan di bidang konstruksi dan industri. (Bahaya Genset Untuk Mesin Las!!!)

  • Apakah Membutuhkan Mesin Portable?

Salah satu keuntungan dari mesin las inverter adalah mereka kecil dan ringan, bahkan besarnya hampir setengah dari mesin las transformer. Sehingga membuat inverter lebih mudah untuk dipindahkan ke beberapa tempat jika dibutuhkan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk tukang las mobile.

  • Seberapa Lama Pengalaman Mengelasmu?

Mesin las inverter akan lebih mudah untuk tukang las baru untuk dikuasai dibandingkan dengan las transformer. Pengaturan yang direkomendasikan cocok untuk banyak tipe pengelasan dan dapat disesuaikan sehingga akan meningkatkan keahlian tukang las.(TIG vs. MIG – Mana Yang Terbaik)

Disisi lain, pekerja yang sudah terbiasa menggunakan mesin transformer akan tetap menggunakan apa yang sudah mereka ketahui. Mesin ini juga hanya memiliki sedikit kontrol untuk melakukan penyesuaian, sehingga semua tergantung dengan insting dan pengalaman.

Mesin Las Terbaik

 

  • Berapa Anggaranmu?

Kita akan masuk ke pembahasan terpenting yaitu anggaran. Harga mesin inverter dan transformer sebenarnya tergantung dari ukuran maupun kerumitannya. Membeli mesin las tranformer tentu akan lebih murah dibandingkan dengan inverter, tapi mesin las inverter akan lebih efisien dan dapat menghemat penggunaan listrik dan gas sehingga durasi pengelasan akan lebih lama. (5 Tips Merawat Mesin Las)

Kelebihan dan Kekurangan

Kalau kamu masih bingung untuk menentukan mau beli mesin yang mana bisa lihat tabel di bawah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mesin las inverter dan transformer.

INVERTERTRANSFORMER
  • Memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan transformer,sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Cocok untuk pekerja yang membutuhkan alat portable
  • Teknologi terbaru mesin las menggunakan inverter
  • Kualitas las lebih baik daripada transformer
  • Biasanya menghasilkan arus DC, berarti dapat memproduksi busur yang lebih stabil dibandingkan transformer
  • Memproduksi arus DC lebih baik
  • Menggunakan daya yang lebih sedikit untuk hasil produksi yang sama dengan mesin transformer
  • Menggunakan sedikit daya ketika tidak digunakan.
  • Biasanya dua kali lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin transformer
  • Sekarang sudah tersedia mesin inverter dengan arus AC yang sebelumnya hanya ada di transformer
  • Lebih sulit untuk diperbaiki karena banyak komponen yang saling terkait sehingga kerusakan akan mempengaruhi komponen mesin lainnya
  • Masa penggunaannya tidak setinggi dan selama mesin transformer
  • Mesin Inverter lebih mahal dibanding mesin transformer, namun biaya operasional inverter dalam jangka panjang lebih kecil karena pakai listirk lebih efisien
  • Berat dan besar; cocok untuk bengkel yang dan tidak untuk dipindah-pindahkan
  • Kuno, tapi teknologinya sudah teruji; mesin las transformer dapat bekerja untuk waktu yang sangat lama.
  • Masa guna mesin yang sangat lama, cocok untuk jenis pekerjaan berat
  • Menghasilkan arus AC, hasil busur tidak sestabil mesin inverter
  • Menggunakan daya lebih tinggi untuk hasil yang sama dengan inverter
  • Menggunakan daya lebih banyak ketika tidak digunakan
  • Lebih mudah diperbaiki hanya sedikit komponen dalam mesin transformer yang terpengaruh jika terdapat kerusakan
  • Mesin transformer lebih murah dibanding mesin inverter, namun biaya operasional transformer lebih tinggi dalam jangka waktu panjang dibanding inverter karena lebih boros listrik

Sudah menentukan mesin mana yang terbaik? Apapun pilihannya, pastikan mesin yang dipilih haruslah sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk kamu yang mau mencari referensi mesin las lain bisa cek pada bagian produk di website ini.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

[/fusion_text][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]