Lever block atau banyak dikenal di berbagai industri dengan ratchet hoist, come-a-longs, lever blocks, lever chain hoists, or pullers, adalah salah satu alat yang paling serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai pekerjaan mengangkat, mengencangkan, dan menarik. Pada artikel ini kita akan membahas secara detail dasar dari lever chain block yang dapat anda gunakan untuk menentukan lever block yang baik sesuai dengan kebutuhan anda

Bentuk dan Fungsi

Apa itu lever block? Bagaimana cara kerjanya? Apa yang membedakan dengan alat angkat lainnya? Lever block adalah perangkat portable dan ini menjadi salah satu keunggulan jika dibandingkan dengan alat angkat lainnya. Lever block dioperasikan secara manual dan terdiri dari tuas yang terpasang pada casing pusat yang menampung mekanisme roda gigi dan kait yang menahan dan menopang rantai penahan beban.

Mekanisme roda gigi pada lever block dapat diatur untuk menarik rantainya ke salah satu arat (naik atau turun). Dalam posisi netral memungkinkan anda untuk menyesuaikan posisi rantai saat tidak ada beban atau tegang saat ada beban. Dengan melakukan pengaturan ini anda dapat dengan mudah mengangkat, menurunkan, dan menarik beban. Lever block ini dapat digunakan dalam berbagai industri untuk mengangkat dan memindahkan beban yang berat.

Kenapa Harus Lever Block

Lever block dapat digunakan ke segala arah, tidak seperti alat angkat lainnya yang hanya dapat digunakan secara vertikal seperti chain block. Lever block ini dapat bekerja ke segala arah selama gaya yang diterapkan dalam garis lurus antara hook dan tuas, bisa dalam posisi horizontal maupun diagonal. Ukuran dan bentuknya yang ringkas juga menjadi salah satu kelebihan dari lever block, sehingga pemasangan dapat dilakukan dengan cepat dan pada ruang yang terbatas sekalipun tidak seperti alal angkat lainnya yang berukuran besar. Lever block bahkan dapat dijalankan dengan beberapa unit sekaligus jika membutuhkan berbagai posisi pengangkatan dengan arah yang berbeda.

Lever Block Seperti Apa yang Saya Butuhkan?

Sistem dari lever block ini dapat digunakan untuk mengencangkan kabel elevator, mengangkat mesin di bengkel otomotif, memposisikan pipa berat ketika pemasangan, dan berbagai aplikasi lainnya. Dengan semua kegunaan ini kesederhanaan dan keserbagunaan menjadi salah satu poin penting ketika memilih lever block dengan mempertimbangkan lokasi, ruang kerja, dan kemudahan dalam mengoperasikannya. Untuk memilih lever block ada harus menjawab beberapa pertanyaan dibawah terlebih dahulu.

Apa yang anda angkat?

Lebih tepatnya seberapa besar kekuatan angkat yang anda butuhkan. Dalam memilih lever block mengetahui beban maksimal adalah hal yang penting, ukuran lever block terkecil yang bisa anda temukan mulai dari 750 kg. Hitung berat maksimum beban yang akan anda angkat atau yang anda butuhkan, kemudian anda bisa memilih hoist yang memiliki tingkat angkat maksimum diatasnya.

Seberapa jauh anda perlu mengangkat/menarik?

Panjang rantai lever block ini tersedia dari panjang 1.5 meter sampai dengan 12 meter. Penting untuk diingat untuk tidak menggunakan hoist dengan rantai yang panjang untuk pengangkatan yang pendek atau sempit. Hal ini dapat mengurangi potensi hambatan, kusut, dan kecelakaan terkait dengan rantai.

Fitur Penting Apa yang Harus Anda Cari?

Hampir semua lever block memiliki fitur yang serupa, tetapi ada beberapa fitur dan komponen utama dari lever block yang memiliki dampak besar. Bagian housing, handle, hook, dan rantai harus terbuat dari baja atau campuran baja untuk memastikan kekuatan dan keandalan maksimum. Untuk menghindari kelebihan beban secara tidak sengaja, nomor ukuran dari berat angkat maksimal haruslah terlihat dengan jelas pada bagian housing dan pengait.

Rantai harus menggunakan baha atau pelapis yang dapat melindungi dari korosi dan aus yang dapat mengurangi kegiatan memberi oli. Oli dapat membawa pasir dan serpihan kedalam mekanisme roda gigi, dapat mengurangi masa pakai dan menyebabkan kegagalan dalam pengangkatan.

Kait harus dipasang dengan posisi yang dapat berputar untuk fleksibilitas dan stabilitas dalam pemosisian, kait harus terpasang secara dari pabrikan untuk menghindari pelepasan yang tidak sengaja. Kait yang bagus dapat dijadikan indikator untuk mengetahui apakah kait sudah digunakan melebihi kapasitasnya.

Housing harus mudah dibuka agar akses ke bagian mekanisme roda gigi lebih mudah. Karena lever block perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin seperti roda gigi dan rantai harus dibersihkan secara rutin.

Pegangan tuas juga dapat dijadikan salah satu pertimbangan. Pegangan yang lebih panjang memungkinkan gaya yang lebih cepat dan mudah diterapkan dalam pengagkatan. Namun tuas yang lebih pendek dapat memberikan kenyamanan jika pengangkatan dilakukan pada ruang yang terbatas.

Pertimbangan Dalam Memilih Lever Block

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih lever block

  1. Kapasitas angkat, pastikan lever block yang anda pilih dapat memenuhi kebutuhan angkat yang ada perlukan. Pilihlah kapasitas diatas batas maksimal beban yang akan anda angkat untuk menghindari dari kemungkinan gagal angkat
  2. Panjang rantai, pertimbangkan juga panjang dari pengangkatan yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan ketinggian di lokasi pengangkatan.
  3. Ukuran dan berat, perhatikan juga ukuran dan berat dari lever block karena dapat mempengaruhi kemudahan dalam penggunaan dan pengoperasiannya.
  4. Bahan dan kualitas, pastikan anda memilih lever block terbuat dari bahan yang tahan lama dan memiliki kualitas tinggi untuk memastikan keamanan dan kinerja yang optimal
  5. Merk, nama dari suatu produk dapat menjadi salah satu indikator, penting untuk memilih produk yang memiliki reputasi baik di industrinya untuk memastikan kualitas produk yang dijual.

Jika sobat sudah mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih Lever Block, sekarang waktunya untuk memutuskan akan beli lever block apa. Salah satu merk Lever Block yang bisa sobat pertimbangkan adalah Kobachi. Kobachi ini merupakan merupakan salah satu merek yang menyediakan berbagai lifting equipment seperti chain block dan lever hoist terbaik dengan menggunakan teknologi Jepang. Anda bisa mendapatkan chain block maupun lever hoist dengan harga terbaik dengan klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3