Ada banyak jenis mesin las yang tersedia di pasar. Jika Anda memilih mesin las yang salah untuk pekerjaanmu itu sama saja dengan menghamburkan uang. Sebelum memilih mesin las, Anda harus mempertimbangkan tujuan ketika membeli. Jika anda membeli mesin las untuk penggunaan di rumah anda tidak perlu membeli mesin las dengan ampere tinggi dan ukuran yang besar.

Mesin las untuk penggunaan di rumah haruslah portable, ringan, dan ringkas. Pilih mesin las dengan output power mulai dari 90 Amp sampai 140 Amp, mesin las dengan arus itulah yang bisa dijalankan pada kondisi listrik rumahan. Mesin las berukuran kecil idealnya digunakan untuk perbaikan ringan dan penyambungan besi tidak terlalu tebal. Bahkan mesin las rumahan bisa juga digunakan untuk pengerjaan seni seperti patung besi. (5 Tips: Memilih Mesin Las)

Fitur Wajib Mesin Las Rumahan

Berikut adalah beberapa fitur yang harus dimiliki oleh mesin las untuk kebutuhan rumah

  1. Mesin dengan pengaturan yang dapat disesuaikan

    Mesin las haruslah memiliki pengaturan yang dapat diubah sesuai dengan hasil yang diinginkan welder

  2. Dapat dijalankan pada stop kontak rumah

    Mesin las harus dapat berjalan secara efektif pada stop kontak standar di rumah. Jadi Anda tidak perlu membeli generator untuk menjalankan mesin las tersebut. Mesin las seharusnya dapat berjalan pada tegangan listrik 120V atau 220V. Daya listrik yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah adalah 450 watt dan 900 watt, maka anda harus membeli mesin las 450 watt atau 900 watt agar MBC di rumah anda tidak turun. Salah satu solusinya adalah anda bisa membeli mesin dengan teknologi soft switching, fitur ini berfungsi untuk mengurangi arus dan tegangan yang tinggi saat mesin dinyalakan.

  3. Jenis mesin las

    Ada banyak mesin yang menawarkan beberapa fungsi mesin las sekaligus seperti fungsi TIG dan MIG atau MMA dan TIG, bahkan ada yang bisa menjalankan ketiga fungsi mesin tersebut seperti mesin las Daesung MIG 140 A dan Daesung MIG 160 A yang bisa memberikan 4 fungsi las sekaligus yaitu fungsi MIG,TIG, MMA, dan Gasless.

  4. Portable dan ringan

    Mesin las terbaik untuk keperluan rumah berat idealnya hanya beberapa kilo sehingga dapat dibawa dengan mudah

  5. Harga yang terjangkau

    Karena penggunaannya hanya untuk projek kecil, jadi harga mesin las ini seharusnya tidak mahal

Jenis Mesin Terbaik

Manusia sudah melakukan penggabungan besi selama ribuan ribuan tahun. Sejak awal abad 19, manusia sudah mengembangkan berbagai teknik inovatif untuk menggabungkan besi dan sebagainya. Pada awalnya teknik forge welding adalah satu-satunya metode yang bisa diandalkan oleh pandai besi untuk mengelas. Kata las baru diperkenalkan pada abad 19 ketika pengelasan oxy-fuel dan pengelasan busur ditemukan.

Pengelasan MIG biasanya digunakan untuk mengelas perangkat otomotif dan pekerjaan kecil di rumah. Pengelasan TIG biasanya digunakan untuk industri penerbangan, sedangkan pengelasan MMA banyak digunakan untuk menggabungkan hampir semua jenis besi. Pengelasan flux-cored merupakan inovasi terbaru yang digunakan sebagai alternatif dari pengelasan dengan proses pelindung.

Sekarang ada empat jenis pengelasan yang umum digunakan yaitu MMA, TIG, MIG, dan Flux-cored. Setiap proses memiliki keuntungan dan kekurangan masing masing dan sulit untuk menentukan mana tipe pengelasan yang terbaik, semua tergantung pada jenis material yang akan digunakan untuk mengelas.

Untuk mempermudah menentukan pilihan jenis mesin mana yang cocok untuk pengerjaan di rumah, kita akan mempersempit pilihan dengan membandingkan dua jenis pengelasan yaitu MMA dan MIG.

Mesin Las MIG

MIG adalah jenis pengelasan yang menggunakan kawat kecil. Kawat ini akan terus berjalan pada stang las yang akan meleleh selama proses pengelasan. Pengelasan MIG sering disebut sebagai pengelasan yang cepat, mudah, dan murah.

Pengelasan MIG dijalankan dengan gas yang tidak mudah terbakar dan biasanya kombinasi dari 25% Karbondioksida dan 75% gas Argon. Gas ini berfungsi untuk menghilangkan slag dari area las yang biasanya harus dibersihkan setelah proses las sehingga bisa mempercepat proses las. Mesin las mig juga ada yang bisa menjalankan fungsi Flux-cored seperti Daesung MIG 140 A dan Daesung 160 A. Pengelasan MIG memiliki kemampuan untuk menggabungkan banyak jenis besi dengan ketebalan yang bervariatif. (Pengaturan Mesin Las Mig Sesuai Dengan Ketebalan Besi)

Mesin las MIG banyak digunakan untuk bengkel kecil dan rumah sampai dengan industri besar. Pengelasan MIG dapat diaplikasikan pada industri pipa, pembuatan kapal, industri lempengan logam dan banyak lagi.

Mesin Las MMA

Mesin las MMA/ARC sering dipilih oleh welder profesional untuk melakukan pengelasan skala kecil. Mesin las MMA biasanya dibawa untuk pengerjaan di luar ruangan, karena elektroda yang digunakan tahan terhadap hembusan angin sehingga cocok untuk pengerjaan di luar ruangan sekalipun. Jadi pengelasan MMA ini bisa sangat diandalkan untuk pengerjaan di berbagai lokasi dan kondisi lingkungan.

Mana Yang Harus Saya Beli?

Jika Anda adalah welder pemula, mesin las MIG adalah yang paling tepat karena menawarkan kemudahan dalam pengoperasian. Tapi mesin las MMA menawarkan lebih banyak keuntungan untuk penggunaan profesional, satu-satunya kelemahan mesin las MMA adalah tidak dapat mengelas besi yang tipis. Di sisi lain mesin las MIG dapat digunakan untuk mengelas besi yang tipis, sehingga mesin las MIG dapat digunakan untuk pekerjaan skala kecil maupun besar.

Apakah Mesin Las Murah Bagus?

Ada banyak mesin las murah yang tersedia dan bisa ditemui di pasaran, walaupun dengan harga yang murah sudah banyak mesin las yang memberikan fungsi dan hasil yang bagus. Sekarang mesin las dengan harga Rp 500.000-an sudah bisa menawarkan banyak kelebihan.

Mana yang lebih kuat MIG atau MMA?

Pengelasan MIG dapat digunakan untuk berbagai pengaplikasian begitu pula dengan pengelasan MMA. Pengelasan MIG bisa digunakan untuk mengelas besi tipis yang tidak bisa dilakukan oleh pengelasan MMA, hasil pengelasan MIG juga lebih kuat dibandingkan dengan las MMA. Tapi, setiap pekerjaan membutuhkan mesin yang berbeda pula, Anda bisa memilih untuk membeli mesin las MMA jika memang pekerjaan Anda mengharuskan itu seperti pengerjaan di luar ruangan dengan keadaan yang tidak menentu, selain itu harga mesin las MMA juga lebih murah.

Kesimpulan

Sudah banyak mesin yang secara khusus didesain untuk penggunaan rumahan, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli mesin heavy-duty. Mesin untuk keperluan rumah dan bengkel kecil memiliki harga yang terjangkau. Mesin las MIG menang dari segi proses pengelasan, tetapi mesin las MMA memiliki harga yang lebih terjangkau.

Rekomendasi Mesin MMA dan Mesin MIG

Daesung ARC 120 SE

Mesin las ini menggunakan daya sebesar 450 watt sehingga sangat cocok digunakan pada listrik dengan daya rendah seperti listrik yang digunakan di rumah. Dengan ukuran yang kecil dan ringan menjadikan mesin ini sangat cocok untuk pengerjaan portable dan tidak memakan banyak tempat ketika proses las. Mesin ini juga dilengkapi dengan fitur soft switching yang berfungsi untuk menjaga agar arus tidak tidak tinggi ketika dinyalakan sehingga tidak akan membuat mcb turun. (masukin fungsi tig apa ngga)

Daesung MIG 140 A

Seperti yang sudah disebutkan diatas, mesin ini menawarkan 4 fungsi las yaitu MIG, TIG, MMA, dan Gasless/Flux-cored, anda bisa menjalankan semua fungsi itu hanya dengan 1 mesin. Mesin ini juga memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga tidak sulit untuk memindahkan mesin ke lokasi yang berbeda-beda. Mesin ini juga dilengkapi dengan inductance setting sehingga anda bisa mengatur frequency secara manual selama proses las untuk mendapatkan hasil las yang sesuai. Pada mesin ini juga Anda tidak perlu repot untuk mengatur kecepatan wire feeder karena kecepatan las sudah disesuaikan dengan ampere yang anda gunakan


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1