Gas Metal Arc Welding (GMAW) juga sering disebut dengan Metal Inert Gas (MIG) merupakan jenis pengelasan yang menggunakan elektroda habis pakai yang berbentuk kawat roll panjang. Pada pengelasan MIG ini juga membutuhkan gas untuk melindungi kolam las dari kontaminasi zat luar yang dapat menyebabkan cacat las. Tapi sekarang mesin las MIG juga sudah memungkinkan untuk melakukan pengelasan tanpa menggunakan gas atau gasless.

Pada dasarnya pengelasan MIG dengan gas adalah metode pengelasan dimana gas digunakan untuk melindungi weld pool dari kontaminasi udara disekitarnya. Sedangkan pada pengelasan MIG tanpa gas atau gasless menggunakan kawat khusus yang memiliki lapisan flux yang akan berubah menjadi pelindung kolam las selama proses pengelasan untuk melindunginya dari kontaminasi udara.

Dalam pengelasan MIG ada dua jenis kawat las yang dapat digunakan dan salah satunya adalah kawat las khusus yang digunakan untuk pengelasan tanpa gas.

  • Flux Wire Core
    Kawat flux core terdiri dari sold core (biasanya berwarna hitam) yang dibungkus oleh lapisan flux pada bagian luarnya. Kawat ini dibagi kembali menjadi dua jenis, yaitu Self-shielded dan Gas Shielded.  Kawat las self-shielded merupakan jenis kawat FCAW yang digunakan untuk pengelasan tanpa gas, sedangkan kawat las gas shielded tetap menggunakan gas dalam proses lasnya.
  • Solid Wire Core
    Kawat las ini merupakan jenis kawat yang umum digunakan dalam pengelasan MIG dan memiliki fungsi yang sama dengan kawat las FCAW, hanya saja tidak ada lapisan lagi yang membungkus bagian luar kawat ini. Jadi kawat ini membutuhkan perlindungan gas tambahan ketika digunakan untuk mengelas.

Proses pengelasan tanpa gas dapat juga disebut dengan pengelasan Flux Cored Arc Welding (FCAW) . Pengelasan MIG tanpa gas atau Flux Cored Arc Welding (FCAW) adalah metode pengelasan yang inovatif dan efektif yang telah menjadi pilihan populer di industri pengelasan. Tipe pengelasan tanpa gas ini cocok untuk welder pemula, karena welder tidak perlu repot untuk memasang tabung gas. Pengelasan tanpa gas ini juga dapat menghemat biaya produksi karena Anda tidak perlu membeli tabung gas dan isi ulang gas tidak seperti pada pengelasan MIG.

Dasar yang membedakan dari pengelasan MIG dan las MIG tanpa gas adalah sumber dari pelindung untuk mencegah oksidasi. Mempelajari jenis pelindung yang akan digunakan dapat membantu welder pemula untuk menentukan pengunaan kawat yang sesuai dengan lokasi pengelasan ataupun hasil lasan yang diinginkan. Karena pada kondisi tertentu seperti kondisi berangin penggunaan pelindung gas akan menimbulkan masalah seperti spatter dan pada kondisi seperti ini dibutuhkan pelindung dalam bentuk flux. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang kelebihan pengelasan MIG tanpa gas atau FCAW.

kawat fcaw

Kelebihan Pengelasan MIG Tanpa Gas atau Flux Cored Arc Welding

  • Kecepatan dan Efisiensi

Pengelasan MIG tanpa gas atau FCAW juga dikenal karena kecepatan dan efisiensi tingginya. Proses ini memungkinkan pengelasan yang cepat, karena kawat elektroda flux cored yang digunakan memberikan perlindungan langsung pada busur las. Flus tersebut melindungi weld pool dari kontaminasi lingkungan sekitarnya, sehingga menghasilkan pengelasan yang berkualitas dengan waktu yang lebih singkat. Hal ini membuat metode ini sangat efisien dalam lingkungan produksi yang membutuhkan produktivitas tinggi.

  • Kemampuan Mengelas Logam yang Kotor

Pengelasan MIG tanpa gas atau FCAW memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengatasi logam yang tidak bersih atau terkontaminasi. Fluks yang digunakan dalam kawat elektroda membantu membersihkan logam dari oksida dan kotoran lainnya selama proses pengelasan. Dengan demikian, metode ini memungkinkan pengelasan pada logam dengan permukaan yang kurang sempurna, tanpa harus membersihkan logam secara menyeluruh sebelumnya. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal pembersihan logam las sebelum proses las tetap dibutuhkan.

  • Kemampuan Mengelas Di Luar Ruangan

Salah satu kelebihan dari pengelasan tanpa gas adalah kemampuannya untuk melakukan pengelasan di luar ruangan. Pada pengelasan MIG konvensional membutuhkan gas untuk melindungi weld pool dari kontaminasi udara dan gas ini akan dengan mudah tersapu oleh angin jika welder melakukan pengelasan di luar ruangan. Namun dengan pengelasan tanpa gas, kolam las akan tetap terlindungi tanpa perlu khawatir pelindung flux akan tertiup angin.

  • Serbaguna dan Pengaplikasian yang Luas

Pengelasan tanpa gas menawarkan pengaplikasian yang serbaguna. Metode ini dapat digunakan untuk pengelasan baja karbon, baja tahan karat, baja nirkarat, dan bahkan beberapa logam non-ferrous. Dengan menggunakan kawat elektroda yang sesuai dengan jenis logam yang akan disambungkan, pengelasan MIG tanpa gas atau FCAW dapat diterapkan dalam berbagai proyek konstruksi, manufaktur, perbaikan, dan lainnya.

  • Biaya yang Lebih Rendah

Selain keunggulan teknisnya, pengelasan MIG tanpa gas atau FCAW juga memiliki keunggulan dalam hal biaya. Metode ini menghilangkan kebutuhan akan gas pelindung, seperti argon atau karbon dioksida, yang biasanya digunakan dalam pengelasan MIG konvensional. Dengan demikian, biaya operasional pengelasan dapat ditekan lebih rendah, terutama dalam skala produksi yang besar.

daesung mig 120 se mesin las mini

Cara Mengoperasikan Mesin Las MIG Tanpa Gas

  • Mulailah dengan memastikan keselamatan yang utama. Tidak peduli kamu welder pemula maupun profesional, kita harus mengetahui bahwa mengelas merupakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan juga sangat bahaya. Hal ini termasuk dengan suhu tinggi yang dapat menyebabkan terbakar, sinar Ultraviolet yang bisa membahayakan. Jadi penting untuk melindungi diri dengan peralatan yang dibutuhkan seperti sarung tangan, kacamata, helm, dan sebagainya.  Selain memastikan keamanan dengan menerapkan standar keamanan ini juga dapat menambah kenyamanan saat bekerja sehingga membuat pekerjaan menjadi efisien.
  • Salah satu keuntungan dalam las MIG tanpa gas adalah kamu dapat mengelas logam yang kotor dengan baik. Tetapi, pengerjaan pada logam yang sudah dibersihkan akan memberikan hasil yang lebih baik. Membersihkan logam yang akan di las itu cukup mudah. Tahap ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sikat besi ataupun gerinda. Tujuanya adalah untuk menghilangkan materi asing seperti pasir, tanah, maupun puing.
  • Tentukan mesin yang akan digunakan untuk mengelas. Pilihlah mesin dengan yang kuat sehingga dapat menangani pengelasan dengan logam yang tebal. Daesung MIG 160 merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mesin las MIG yang dapat dijalankan tanpa menggunakan gas.
  • Jika dibutuhkan, anda dapat merapikan/memotong bagian yang akan dilas dengan gerinda untuk mempermudah proses pengelasan.
  • Tahap terakhir adalah pengaturan mesin. Disini adalah proses mengelas dimulai. Settingan yang digunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan. Dan pengaturan ini tergantung dari jenis besi yang digunakan. Beberapa besi dapat menerima panas yang sangat tinggi sementara yang sangat terbatas, jadi jenis besi haruslah dipertimbangkan dalam pengaturan mesin las.

Pengelasan tanpa menggunakan gas atau MIG gasless banyak menawarkan kelebihan yang signifikan. Metode pengelasan menggabungkan kecepatan, keserbagunaan, dan juga kemampuan dalam melakukan pengelasan di luar ruangan. Pengelasan MIG tanpa gas ini bisa sobat lakukan dengan menggunakan mesin las Daesung MIG 120 SE dan Daesung MIG 160 A. Selain dapat melakukan pengelasan MIG tanpa gas, kedua mesin ini juga dapat melakukan pengelasan Lift-TIG sehingga mesin ini dapat menjalankan 4 fungsi sekaligus. Segera hubungi tim customer service kita dengan klik tombol whatsapp pada bagian kanan bawah layar.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Kobachi Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan distributor resmi Nabakem Chemicals di Indonesia.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1 | Sumber 2