CV Citra Harapan Jaya – Pada dasarnya pengelasan MIG dengan gas adalah metode pengelasan dimana gas digunakan untuk melindungi kolam las dari kontaminasi udara disekitarnya. (Mesin Las Rumahan Terbaik)

Sedangkan pada pengelasan MIG tanpa gas, menggunakan kawat khusus yang memiliki flux core yang akan berubah menjadi pelindung proses pemanasan sehingga dapat melindungi lasan dari kontaminasi udara. Tipe pengelasan tanpa gas ini cocok untuk welder pemula, karena kamu tidak perlu membeli tabung gas untuk mulai mengelas.

Jadi ada dua jenis kawat las untuk mesin las MIG ini, yaitu:

  • Flux Wire Core
    Kawat flux core merupakan sold core (biasanya berwarna hitam) yang dibungkus oleh lapisan flux pada.
  • Solid Wire Core
    Nah kalau kawat ini sama seperti kawat flux core, hanya saja tidak ada lapisan lagi yang membungkus bagian luar kawat ini. Jadi kawat ini membutuhkan perlindungan tambahan ketika digunakan.

Dasar yang membedakan dari pengelasan MIG dan las MIG tanpa gas adalah sumber dari pelindung untuk mencegah oksidasi. Pada saat mulai belajar welder pemula pasti akan mulai mempelajari tentang kawat. Baik proses tanpa gas maupun dengan gas dalam prosesnya tetap menggunakan kawat las. (Bahas Lengkap Elektroda dan Filler Las)

Dalam proses las MIG, ada beberapa proses yang terjadi ketika kamu mulai menarik pelatuk. Dimulai ketika gas dipasang, lalu gas akan mengalir, dan kawat mulai berjalan sehingga memulai pembuatan busur las, beberapa mesin las menawarkan pilihan untuk menjalankan fungsi 2T dan 4T untuk mempermudah kontrol pada busur dan torch.

Pada pengelasan tanpa gas, welder menggunakan kabel berlubang yang diisi fluks. Fluks ini berfungsi untuk melindungi kolam las yang sedang meleleh sampai mendingin. Jadi nanti pengelasan tanpa gas ini sering disebut sebagai pengelasan flux core. (TIG vs. MIG – Mana Yang Terbaik)Daesung MIG 140 A

CARA MENGOPERASIKAN MESIN LAS MIG

  • Mulailah dengan memastikan keselamatan yang utama. Tidak peduli kamu welder pemula maupun profesional, kita harus mengetahui bahwa mengelas merupakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan juga sangat bahaya.

Hal ini termasuk dengan suhu tinggi yang dapat menyebabkan terbakar, sinar Ultraviolet yang bisa membahayakan. Jadi penting untuk melindungi diri dengan peralatan yang dibutuhkan seperti sarung tangan, kacamata, helm, dan sebagainya.  Selain memastikan keamanan dengan menerapkan standar keamanan ini juga dapat menambah kenyamanan saat bekerja sehingga membuat pekerjaan menjadi efisien. (Tips Merawat Mesin Las)

  • Salah satu keuntungan dalam las mig tanpa gas adalah kamu dapat mengelas logam yang kotor dengan baik. Tetapi, pengerjaan pada logam yang sudah dibersihkan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Membersihkan logam yang akan di las itu cukup mudah. Tahap ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan kuas ataupun gerinda. Tujuanya adalah untuk menghilangkan materi asing seperti pasir, tanah, maupun puing.

Pembersihan ini juga dapat membantu untuk mengeluarkan udara yang terperangkap sehingga membuat pengelasan menjadi lebih baik. .Saat melakukan pembersihan dengan menggunakan gerinda, percikan api harus diarahkan ke arah yang aman dengan tujuan untuk menghindari luka bakar. (Perbedaan Las AC dan DC)

  • Tentukan mesin yang akan digunakan untuk mengelas. Pilihlah mesin dengan yang kuat sehingga dapat menangani pengelasan dengan logam yang tebal.

Ada banyak mesin yang dapat mengelas tanpa gas. Mulai dari mesin 115 volt ke atas merupakan pilihan terbaik. Karena mesin dengan ukuran tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan logam apapun bahkan sampai ketebalan 8 inci. Mesin ini juga memiliki kemampuan preheating yang memadai

  • Kamu dapat memotong besi yang mau digunakan untuk jika memang itu dibutuhkan. Bagi beberapa orang proses ini merupakan proses yang sulit. Untuk mendapatkan hasil yang akurat kamu bisa mulai menandai bagian yang mau kamu potong dengan menggunakan kapur besi. Ketika potongan lurus yang diinginkan, maka penandaan harus dilakukan dengan menggunakan penggaris atau benda lurus lainnya.

Rapikan potongan sesuai dengan posisi yang ingin di las. Ini akan menjadi mudah jika kamu melakukannya sesuai dengan langkah keempat. Pastikan bahwa potongan tersebut tetap pada posisinya. (Tips Memilih Mesin Las)

  • Tahap terakhir adalah pengaturan mesin. Disini adalah proses mengelas dimulai. Settingan yang digunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan. Dan pengaturan ini tergantung dari jenis besi yang digunakan. Beberapa besi dapat menerima panas yang sangat tinggi sementara yang sangat terbatas, jadi jenis besi haruslah dipertimbangkan dalam pengaturan mesin las.

Mesin Las Terbaik

PENGELASAN TANPA GAS DI LUAR RUANGAN

Pengelasan mig tanpa gas dapat tetap dioperasikan dengan baik walaupun dilakukan di luar ruangan yang berangin. Jadi proyek luar ruangan dengan cuaca yang buruk bukanlah sebuah masalah, karena flux core cocok untuk keadaan ini. Yang membuat pengelasan tanpa gas ini cocok adalah karena kabel yang memiliki flux ini akan melindungi las ketika mencair. Cairan ini akan melindungi las dari oksidasi

Alasan las MIG tidak cocok digunakan ketika cuaca berangin adalah karena pelindung gas yang digunakan akan tertiup angin sehingga akan menghasilkan cacat las porosity. Porosity adalah sekumpulan lubang yang akan membuat lasan menjadi lemah. Jadi jika kamu tidak menggunakan flux core, maka jauh-jauhlah dari angin. (Teknik Dasar dan Kesalahan Umum Las MMA)

Ditambah lagi, pengelasan tanpa las dapat tetap dilakukan dengan kondisi besi yang kotor. Hal ini tidak mungkin dilakukan dengan pengelasan MIG karena kamu harus benar memastikan kalau besi dalam keadaan kotor. Las MIG tanpa gas ini mirip seperti dengan pengelasan stik, karena keduanya menggunakan flux, dan flux ini memungkinkan untuk dikerjakan pada besi yang kotor.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.