Ketika proses pengelasan MIG sedang pada mode Dip Transfer yaitu kondisi ketika elektroda menyentuh weld pool akan menyebabkan arus pendek. Selama arus pendek ini tegangan busur turun hingga mendekati nol, turunnya tegangan ini bisa menyebabkan kenaikan arus pengelasan dan kenaikan ini tergantung pada karakteristik pengelasan dari sumber daya MIG. Kenaikan arus yang cepat akan melelehkan elektroda dengan singkat bahkan bisa menyebabkan percikan yang cukup besar sehingga menciptakan spatter yang sangat banyak. (Anti Spatter Gel untuk Welding Torch)

Disinilah fungsi inductance dibutuhkan, dengan menambahkan inductance ke sirkuit las ini akan memperlambat laju kenaikan arus. Inductance bekerja dengan menciptakan medan magnet yang berlawanan dengan arus pengelasan sehingga dapat mencegah arus pengelasan dari arus pendek dengan memperlambat laju kenaikan arus. Jika inductance dinaikan akan menyebabkan peningkatan ketahanan busur ketika pengelasan pada mode Dip Transfer, hal ini akan membantu mengurangi spatter.

Pengaturan inductance ini dapat disesuaikan dengan hasil las yang diinginkan dan materi las yang digunakan. Inductance yang terlalu kecil (low inductance) akan menghasilkan percikan yang berlebih dan spatter yang banyak dengan hasil las yang lebih membulat. Pengaturan low inductance ini cocok untuk pengerjaan pada materi las yang tebal. Untuk inductance yang tinggi (high inductance) akan menghasilkan lasan yang lebih lebar dan flat dengan sedikit spatter. High inductance ini cocok untuk pengerjaan dengan materi las yang tipis. Pengaturan inductance yang terlalu tinggi juga tidak baik karena akan menyebabkan arus tidak akan naik cukup cepat dan busur pada elektroda tidak cukup panas sehingga elektroda akan menempel pada materi las dasar.

Banyak mesin las di pasaran yang sudah menanamkan fungsi ini secara default sehingga anda tidak perlu mengaturnya secara manual. Tetapi memberikan hasil yang standar tanpa adanya keleluasaan untuk mendapatkan hasil las yang diinginkan. Salah satu mesin las yang memiliki pengaturan inductance secara manual adalah mesin las Daesung MIG 140 A dan Daesung MIG 160 A, kedua mesin ini juga dilengkapi dengan dual display digital yang akan mempermudah dalam melihat dan menyesuaikan pengaturan inductance yang sedang digunakan. Dual display digital ini biasanya hanya bisa ditemukan pada mesin las dengan ampere yang besar, sekarang anda bisa menemukannya pada mesin kecil seperti Daesung MIG 140 A dan 160 A.

Daesung MIG 140 A , Multifungsi


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1 |Sumber 2 | Sumber 3