CV Citra Harapan Jaya – Definisi teknik dari regulator adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur tekanan yang dikeluarkan sehingga dapat sekonstan mungkin. Lubang tekanan masuk biasanya terdiri dari high-pressure cylinders, liquid cylinders, bulk supply systems, dan air compressors. Lubang tekanan keluar berfungsi untuk kebutuhan obor oxyfuel (pembakaran dengan oksigen murni) yang berfungsi untuk memotong, pemanasan dan keperluan mesin las. (Tutorial Pengoperasian Mesin Las MMA, TIG, dan MIG)

Regulator tersedia dalam berbagai bentuk, tergantung pada kebutuhan pekerjaan, ukuran, tekanan masuk maksimum, jenis gas yang digunakan, dan kemurnian gas. Untuk gas dibagi menjadi 2 tipe yaitu gas yang mudah terbakar dan gas yang tidak mudah terbakar. Contoh gas yang mudah terbakar adalah Acetylene, Propane, dan Propylene. Contoh gas yang tidak mudah terbakar adalah Oxygen, Argon, dan Co2.

JENIS-JENIS REGULATOR LAS

Oxygen Gas Regulator

Jenis regulator oksigen yang paling umum memiliki 0-10 bar. Tetapi obor las gas hanya membutuhkan 0.2 bar dan regulator ini bisa menghasilkan 10 bar menyebabkan akan menjadi sulit untuk disesuaikan secara akurat pada tekanan seperti itu.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, tersedia juga regulator gas oksigen dengan 0-4 bar. Sehingga akan jauh lebih mudah untuk menyesuaikan pada tekanan rendah untuk sebagian besar obor las dan brazing gas.

Acetylene Gas Regulator

Asetilen bisa menjadi tidak stabil dan mudah meledak jika dikompresi pada tekanan tinggi. Karena itu, asetilen harus dilarutkan dalam bahan khusus. (Teknik Dasar dan Kesalahan Umum Las MMA)

Karena sifatnya tekanan rendah, pada regulator gas asetilen memiliki pengaturan internal yang berbeda. Kebanyakan regulator asetilen memiliki tekanan maksimum; 1.5 bar

MESIN LAS TERMURAH

Propane Gas Regulator

Regulator propana biasanya tersedia dengan atau tanpa indikator pengukur. Sama dengan gas asetilen, propana juga tidak boleh menggunakan regulator selain yang dirancang untuk gas tersebut. Meskipun regulator propana dapat digunakan untuk propilena, yang mengandung sekitar 50% propana.

Argon and Argon/CO2 Gas Regulator

Regulator gas argon hampir sama dengan regulator oksigen. Namun yang harus diperhatikan adalah pengukur tekanannya (biasanya di sebelah kanan).

Dalam regulator oksigen pengukur tekan biasanya menunjukan tekanan dalam Psi dan Bar. regulator argon biasanya menunjukan Laju arur gas dalam Liter Per menit dan Cubic Feet per jam. (Pilihan Gas Untuk Las : Argon atau CO2)

Penting untuk memastikan pengukur tekanan membaca laju aliran gas karena mesin las MIG dan TIG akan menggunakan ukuran liter per menit. Regulator argon dapat juga digunakan untuk campuran gas Argon/CO2.

REGULATOR LAS MURAH

CO2 Gas Regulator

Sebagian besar regulator CO2 sama dengan regulator argon. Satu perbedaan besar yang ada adalah Cylinder Fitting, yaitu female.

Semua regulator yang sudah dibahas memiliki ulir male-female pada silinder. Silinder pada CO2 memiliki ulir male, sehingga regulator yang dibutuhkan adalah female.

Disposable Gas Cylinders Regulator

Regulator gas sekali pakai memiliki fungsi yang sama seperti regulator yang lain. Tabung sekali pakai diisi dengan tekanan yang rendah. Karena alasan ini regulator sekali pakai tidak kompatibel dengan tabung isi ulang. (Pebedaan Las AC dan DC)

CARA MEMILIH REGULATOR YANG SESUAI

  • Merk

Saran terbaik untuk menentukan regulator yang baik adalah dengan membeli regulator dengan merk yang sudah dikenal, karena keamanan dan daya tahan merupakan parameter yang pening

  • Tipe Gas

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa ada banyak jenis regulator dan bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan dari gasnya sendiri. Sebagai contoh ketika menggunakan gas argon tentunya harus menggunakan regulator argon juga, karena regulator argon memungkinkan untuk kita mengatur tekanan dengan efisien.

  • Daya Tahan

Ini merupakan salah satu parameter penting juga dalam pemilihan regulator. Regulator yang dipilih haruslah dapat bertahan lama dan bekerja sesuai fungsinya. Maka dari itu memilih produk dari merk yang sudah terkenal dapat menjamin masalah ini. (Perlengkapan Wajib Welder Pemula)

  • Kemudahan Operasi

Regulator yang dipilih haruslah yang mudah untuk dioperasikan dan dirawat. Kenop dan indikator harus mudah digunakan sehingga dapat dengan mudah untuk membaca tekanannya.

  • Keamanan

    Keamanan ini berkaitan dengan gas, yang dapat dibilang salah satu elemen yang berbahaya. Penting untuk memeriksa standar keamanan regulator sebelum membeli. Regulator harus lolos standar kualitas untuk menghindari ledakan atau bahaya lainnya.

    MESIN LAS TERBAIK

  • Single Stage vs. Dual Stage

Regulator satu tahap mengurangi tekanan dalam satu langkah, sehingga mengurangi varian dalam pemberian tekanan. Regulator ini dibuat dengan memberikan sedikit variasi dalam tekanan yang digunakan selama penggunaan. Regulator ini paling cocok untuk pengerjaan yang tidak membutuhkan variasi tekanan yang banyak atau welder yang hanya membutuhkan tekanan yang stabil. (TIG vs. MIG : Mana Yang Terbaik)

Regulator ganda memiliki fungsi yang sama dengan single regulator. Tapi regulator ini dapat memberi tekanan yang konstan saat tekanan gas berkurang, dan akurasi kontrol tekanan dalam dua langkah. Regulator ganda ini direkomendasikan untuk pekerjaan yang membutuhkan tekanan keluaran konstan selama penggunaan tabung gas.

  • Materi Pembuatan

Bahan pembuatan harus dipilih berdasarkan kemurnian gas yang digunakan. Regulator biasanya terbuat dari kuningan, aluminium, dan baja tahan karat 316L. Kuningan kompatibel dengan sebagian besar gas non-reaktif. Baja tahan karat 316L sangat tahan korosi dan cocok untuk digunakan dengan banyak gas yang bersifat korosif. Aluminium adalah alternatif dari baja tahan karat yang lebih murah untuk bahan yang bersifat korosif ringan


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.