CV Citra Harapan Jaya – Helm las merupakan perlengkapan utama yang wajib kamu miliki sebelum mulai untuk melakukan aktifitas las. Bagaimana cara mengetahui helm las yang cocok untukmu? Kita akan bahas bagaimana cara menentukan helm las yang terbaik.

Helm Safety Standard

Penggunaan alat pelindung diri yang berkualitas dan praktik pengelasan yang aman harus menjadi prioritas utama untuk semua welder. Alat pelindung diri ini tidak hanya terbatas pada, pelindung mata, wajah, tangan, dan tubuh. Kacamata pelindung juga harus tetap digunakan di bawah helm las. Selain itu, lingkungan pengelasan juga harus memperhatikan ventilasi udara dan juga penggunaan pelindung pernapasan yang sesuai.

Kembali lagi ke helm las. Helm yang digunakan haruslah memenuhi standar yang berlaku, untuk Indonesia bisa mengantongi sertifikat SNI. Helm berstandar ini berfungsi untuk melindungi welder dari apapun yang dapat mempengaruhi mata, termasuk kemampuan dalam menyaring ultraviolet dan inframerah diluar dari kemampuan auto darkeningnya.

Jenis Helm Las

Helm Las Terbaik

Ada dua jenis helm las yang umum dipasaran, yaitu helm dengan warna solid dan helm auto-darkening

Helm Solid Color

Helm dengan warna solid memiliki lensa berwarna gelap, biasanya dengan tingkatan gelap #10. Saat helm digunakan, anda hanya dapat melihat lensa yang gelap. Lensa ini tidak akan berubah warna dari kondisi terang ke kondisi gelap dan hanya ada pada posisi gelap. Untuk memeriksa hasil pengelasan welder harus melepas helmnya. Biasanya helm ini memiliki berat yang ringan, tapi karena tidak dapat merubah tingkat bayangannya dan dengan warna yang solid menjadikannya sulit untuk melihat area pengelasan.

Helm auto-darkening

Helm auto-darkening tersedia dalam beberapa warna untuk setiap level pengelasan, mulai dari penghobi sampai dengan profesional. Helm auto-darkening memungkinkan anda untuk memilih tingkat kegelapan, hal ini memungkinkan anda menyesuaikan warna berdasarkan proses dan aplikasi pengelasan yang berbeda. Rentang warna yang umum adalah warna #8 hingga #13. Saat helm digunakan kamu masih memungkinkan untuk melihat bagian las dan area sekitar. Setelah las menyala helm akan otomatis menjadi gelap.

Fitur Umum Dari Helm Auto-Darkening

Tingkat keterangan.

Ini merupakan tingkat kecerahan filter pada kondisi tidak mengelas. Semakin tinggi tingkat kecerahan ini akan semakin baik untuk welder dalam melihat area kerja dan bagian yang ingin dilas.

Tingkat Kegelapan

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tingkat kegelapan standar yang sering digunakan adalah 8-13, dengan 13 merupakan tingkatan yang paling gelap.

Sensitivitas

Menentukan jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk menggelapkan filter pada kaca. Kebanyakan helm auto-darkening memungkinkan welder untuk memilih seberapa sensitif helm terhadap cahaya.

Area Melihat

Helm las memiliki banyak pilihan dalam tingkat visibilitasnya. Area lihat yang lebih besar memberikan visibilitas yang lebih besar ke area pengelasan dan bidang las. Sementara area lihat yang lebih kecil memungkinkan untuk lebih fokus. Untuk area lihat yang lebih luas mungkin berat helm bisa dijadikan pertimbangan.

Ketika kamu sudah memilih helm las, selalu ingat untuk mengikuti tips dibawah:

  • Selama megelas, selalu gunakan pakaian pelindung saat mengaplikasikan mesin las. Selalu gunakan kacamata safety di bawah helm las
  • Untuk visibilitas saat las yang baik, pastikan bagian luar dari helm bebas dari kotoran atau percikan las.

Jika mengelas merupakan pekerjaan anda -atau bagian darinya- luangkan lah waktu untuk menemukan helm las yang cocok untuk anda. Jangan tergoda untuk memilih helm las termurah yang bisa ditawarkan, anda harus memikirkan keuntungan jangka panjangnya.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.