Jika anda tidak pernah memiliki mesin plasma cutting sebelumya, maka proses pembelian dan penggunaan untuk pertama kali akan memakan waktu yang cukup lama. Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa fitur dasar yang dapat digunakan sebagai pertimbangan ketika anda ingin membeli mesin plasma cutting, sehingga mesin yang ada beli dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pada artikel ini juga kami akan menjelaskan tutorial penggunaan mesin plasma cutting sehingga anda dapat bekerja dengan aman. Jika anda sudah familiar dengan fungsi dasar dari mesin plasma cutting dan ingin membeli mesin plasma cutting terbaik, anda bisa klik link ini.

Apa Itu Mesin Plasma Cutting?

Plasma cutting adalah jenis mesin yang umum ditemukan pada bengkel atau toko yang memungkinkan penggunanya dapat memotong besi sesuai dengan keinginannya. Mesin ini bekerja dengan menggunakan gas plasma yang dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi. Gas yang umum digunakan adalah oksigen, nitrogen, atau campuran gas inert seperti helium dan argon.

Dengan mesin plasma cutting memungkinkan anda untuk mendapatkan hasil potongan yang sangat presisi. Walaupun anda dapat menggunakan alat lain untuk memotong besi, tetapi hasil potongan dengan mesin plasma cutting tetaplah yang terbaik.

Berapa Uang Yang Harus Saya Keluarkan Untuk Mesin Plasma?

Jika berbicara mengenai harga, mengeluarkan uang lebih untuk membeli mesin dengan merk terkenal akan memberikan kinerja, daya tahan, dukungan service, dan kualitas potong yang luar biasa. Tetapi jika anda membutuhkan mesin plasma cutting dengan dana terbatas, dipasaran juga banyak tersedia mesin plasma yang murah dan dapat memotong baja ringan sampai dengan tebal 12 mm. Pertanyaannya adalah seberapa lama mesin tersebut bisa bertahan dalam memotong besi dengan ketebalan tersebut.

Jika anda menggunakan merek terkenal seperti Miller, Lincoln, CNR, dan Jasic, maka dapat dipastikan bahwa mesin anda akan bertahan bertahun-tahun dalam penggunaan berat. Penggunaan dan intensitas memotong juga dapat menjadi salah satu faktor keawetan suatu mesin. Tidak semua orang membutuhkan mesin profesional dengan kebutuhan kerja berat, jadi masih banyak alternatif mesin plasma cutting murah yang bisa anda beli.

Apakah Saya Butuh Mesin Plasma Cutting Dengan Kompresor Udara

Beberapa mesin plasma cutting dibuat sudah menjadi satu dengan kompresor udara yang fungsi memberikan pasokan udara selama proses pemotongan. Jenis mesin ini cocok untuk penggunaan yang membutuhkan mobilitas tinggi dan dapat mengurangi penggunaan ruang untuk kompresor udara. Karena harus memasok daya untuk mesin dan kompresor secara bersamaan biasanya mesin ini memiliki keterbatasan dalam memotong dan juga harganya pastinya sangat mahal. Anda bisa memilih mesin dengan kompresor jika memang benar-benar membutuhkan fitur mobilitas tersebut. Jika tidak kami sarankan anda memilih mesin plasma cutting yang terpisah dan anda bisa menggunakan sisa uangnya untuk membeli kompresor yang lebih bagus.

Apa Itu Pilot Arc? Apakah Saya Membutuhkannya?

Hampir semua mesin plasma cutting berkualitas memiliki fitur pilot arc. Pilot arc adalah fitur yang memunkinkan anda untuk memotong tanpa adanya kontak antara ujung torch dengan logam. Biasanya saat menggunakan fitur ini anda perlu memposisikan ujung torch sedikit lebih dekat dengan logam untuk menghasilkan potongan yang lebih halus dan meningkatkan masa pakai consumables pada plasma torch. Mesin plasma cutting non pilot arc biasanya merupakan mesin yang lebih murah yang mengharuskan anda menyentuh ujung torch dengan logam. Hal ini dapat mengurangi masa pakai consumables pada plasma torch, yang akan berakibat pada meningkatnya biaya produksi. Kami sarankan anda mempertimbangkan untuk berinvestasi pada mesin yang memiliki fitur pilot arc.

Apa itu consumables? Seberapa Sering Saya Harus Menggantinya?

Consumables adalah bagian dari plasma torch yang akan berkurang/habis seiringan dengan intensitas pemotongan. Ada beberapa jenis consumable yang terdapat di dalam plasma torch seperti, shield cup, nozzle tip, electrode tip, dan swirl ring. Consumables ini bisa anda dapatkan dengan membelinya satu set atau anda bisa membelinya sesuai kebutuhannya. Untuk waktu penggantiannya anda bisa menyesuaikan dengan intensitas pemotongan, atau jika merasa hasil potongan kurang maksimal itu tandanya anda harus segera mengganti komponen tersebut.

Peralatan Keselamatan Selama Proses Pemotongan Plasma

Ketika bekerja dengan mesin plasma cutting, perlu diketahui bahwa mesin ini dapat memberikan cedera serius jika salah dalam penggunaannya. Tetapi dengan pengamanan standar dengan mengikuti standar penggunaan, mesin plasma cutting dapat menjadi alat yang sangat berguna.

Berikut adalah beberapa alat keamanan standar yang kami rekomendasikan

  • Helm pelindung untuk memberikan perlindungan pada mata dan wajah
  • Topi untuk melindungi rambut dari percikan api
  • Sarung tangan untuk melindungi tangan
  • Celana panjang atau jeans untuk melindungi kaki
  • Sepatu safety untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda atau logam yang dipotong
  • Alat pemadam kebakaran

Sebagian besar proses pemotongan menghasilkan percikan dan logam yang meleleh atau jatuh ke lantai. Namun, saat anda menggunakan mesin plasma cutting untuk pertama kalinya ada kemungkinan untuk logam menyembur ke atas sampai proses potong selesai, pada umumnya orang menyebutnya dengan “blow back”. Hal ini biasa terjadi pada pemotongan logam yang tebal dan terjadi sepersekian detik. Maka dari itu perlengkapan keselamatan sangatlah penting.

Sepatu bot dengan pelindung besi juga menjadi perlengkapan wajib jika anda memotong logam berat. Anda bisa memprediksi dimana logam yang terpotong akan terjatuh, sehingga ada dapat menghindarinya. Tetapi terkadang ada faktor yang lain yang dapat mengalihkan perhatian kita sehingga tidak memperhatikan dimana logam akan terjatuh. Jadi penting untuk menggunakan sepatu bot untuk mencegah dari kejatuhan benda-benda berat.

Apa Saja Kecelakaan Kerja Yang Dapat Saya Hindari?

  • Kerusakan Mata

Perlindungan mata adalah hal wajib, selalu kenakan helm plasma ketika melakukan proses pemotongan. Kami menyarankan untuk menggunakan helm yang menutupi seluruh bagian wajah, karena jika hanya menggunakan kacamata besar kemungkinan untuk wajah terkena percikan logam. Karena proses pemotongan dapat berakibat serius pada mata, pastikan rekan kerja anda juga menggunakan pelindung mata jika mereka mengawasi proses pemotongan yang anda lakukan.

  • Cairan/Barang Yang Mudah Terbakar

Banyak pemotongan yang dilakukan di dalam garasi yang penuh dengan cairan kimia yang diletakan di sekitar area kerja. Cairan kimia ini dapat berupa pembersih rantai, oli, bensin dan lain-lain. Semua cairan tersebut berbahaya dan percikan yang terus-menerus dapat memicu timbulnya api. Hal ini mungkin tidak dapat dilihat ketika anda menggunakan helm plasma. Jadi selalu pastikan area yang anda gunakan untuk memotong bebas dari cairan atau barang yang dapat bereaksi dengan percikan logam.

  • Kejatuhan Potongan Logam

Seperti yang sudah dibahas diatas, selalu hati-hati dengan potongan logam yang terjatuh selama proses pemotongan dan jangan sampai potongan logam tersebut mengenai kaki anda.

  • Penangan Logam Habis Potong

Para pemula mungkin tidak menyadari bahwa logam yang habis melalui proses pemotongan memiliki suhu yang sangat panas. Jadi harus diingat kalau logam yang habis dipotong dapat membakar kulit meski anda menggunakan sarung tangan (khususnya potongan yang kecil). Logam yang habis dipotong bisa anda biarkan terlebih dahulu agar suhunya berkurang, atau jika harus anda bisa menggunakan penjepit untuk mengambil potongan logam tersebut.

Peralatan Yang Harus Saya Miliki Untuk Menjalankan Mesin Plasma Cutting

  • Sambungan listrik yang sesuai

Anda perlu memastikan sambungan listrik yang anda gunakan sesuai dengan mesin yang anda miliki. Jika anda menjalankan mesin 220v, maka steker pada mesin harus cocok dengan stopkontak yang anda miliki

  • Kompresor Udara

Mesin plasma cutting membutuhkan kompresor udara dalam prosesnya, kecuali mesin anda sudah tergabung dengan kompresor udara. Anda membutuhkan tekanan udara yang terus mengalir selama proses pemotongan.

  • Filter Kelembaban/Moisture Filter

Banyak teknisi menggunakan Moisture Filter untuk memastikan udara yang mengalir dari kompresor ke mesin dalam keadaan kering. Penggunaan Moisture Filter ini direkomendasikan karena dapat meningkatkan masa pakai mesin plasma cutting anda.

  • Gerinda atau Ampas

Jika anda memotong logam yang dilapisi dengan cat, anda harus membersihkan area yang ingin dipotong terlebih dahulu dari cat sampai menyentuh logam dasar. Cat dapat menghantarkan api dan ini akan berbahaya selama proses pemotongan. Walaupun tidak wajib, tetapi pembersihan dapat membantu melihat area yang akan dipotong.

Tutorial Menjalankan Mesin Plasma Cutting

  1. Nyalakan kompresor udara dan mulai untuk membangun tekanan udara
  2. Buka jendela untuk memastikan aliran udara lancar
  3. Bersihkan area sekitar khususnya dari barang yang mudah terbakar untuk mencegah dari kebakaran
  4. Posisikan logam pada bagian pinggir meja atau dijepit dengan meja
  5. Pastikan potongan logam yang jatuh tidak mengenai kaki anda atau kabel
  6. Bersihkan logam yang akan dipotong dengan amplas atau gerinda sampai menyentuh bagian dasar logam
  7. Gambar garis potong dengan kapur atau spidol
  8. Pasang ground dari mesin ke logam
  9. Pakai alat keselamatan yang anda butuhkan
  10. Sambungkan mesin dengan sumber listrik
  11. Pastikan mesin mendapatkan pasokan listrik dan udara yang cukup
  12. Posisikan tubuh pada posisi yang cukup jauh agar tidak terkena percikan, pandangan yang cukup jelas, dan aman dari kejatuhan logam
  13. Pastikan kembali anda dapat menggerakan plasma torch dengan cukup bebas tanpa perlu mengubah posisi di pertengahan pemotongan
  14. Posisikan plasma torch sedikit jauh dari logam untuk mencegah dari blowback
  15. Kenakan helm pelindung
  16. Pencet tombol trigger pada plasma torch dan mulai memotong dengan gerakan halus yang lambat
  17. Yang terakhir biarkan logam mendingin sebelum anda memegangnya

Miller, Lincoln, CNR, dan Jasic merupakan merk mesin plasma cutting yang cukup terkenal karena kualitasnya. Tapi jika sobat masih pemula dan ingin mencoba mesin plasma cutting dengan harga yang lebih terjangkau, sobat bisa memilih mesin plasma cutting dari Daesung yaitu Daesung Cut 40 IGBT. Selain mesin ini memiliki harga yang lebih terjangkau, mesin ini juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan mesin plasma cutting yang lebih mahal. Mesin ini sudah menggunakan teknologi IGBT terbaaru sehingga dapat menghasilkan api yang lebih stabil. Atau jika sobat membutuhkan mesin dengan kualitas yang lebih tetapi dengan harga yang masih tergolong murah, sobat bisa memilih mesin plasma CNR Cut 45 H. Mesin ini dapat menjalankan fungsi Pilot Arc yang bisa memulai api tanpa adanya kontak dengan materi yang akan dipotong. Pilot Arc ini memiliki manfaat jangka panjang yang bisa membuat consumable pada plasma torchnya dapat digunakan lebih lama.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1