CV CItra Harapan jaya – Banyak welder pemula yang bertanya, apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk memulai belajar mengelas. Karena banyak sekali peralatan yang tersedia untuk mendukung kegiatan mengelas.

Langsung saja kita bahas beberapa peralatan esensial yang kamu butuhkan untuk mulai mempelajari keahlian ini.

1. Helm Auto-Darkening
Perlengkapan las pertama yang harus kamu miliki adalah helm las. Tidak semua helm las dibuat sama dan kami sarankan untuk memilih helm auto-darkening.

Karena helm merupakan salah satu alat terpenting yang harus dimiliki, jadi haruslah yang pilih yang paling membuatmu nyaman. Ada pilihan lain untuk helm ini, yaitu helm dengan warna yang solid. Tapi akan ada masalah yang ditimbulkan yaitu, kamu tidak dapat melihat benda benda yang akan dilas melalui lensa sehingga dapat menghasilkan lasan yang tidak maksimal terutama untuk welder pemula.

Helm auto-darkening merupakan pilihan yang terbaik untuk welder pemula karena kamu bisa dengan mudah untuk melihat materi las, berarti bisa meningkatkan akurasi. (Tips Memilih Helm Las)

2. Siku Magnet
Siku magnet merupakan alat las yang penting dan memiliki banyak kegunaan.  Kamu dapat dengan mudah menahan potongan besi pada tempatnya, dan dapat digunakan untuk membentuk sudut 90 derajat.

Alat ini dapat digunakan untuk membuat bingkai las pada meja, pagar dan banyak lagi. Siku magnet ini tersedia dalam beberapa ukuran, bisa untuk proyek pengelasan kecil hingga proyek besar. Dan pastikan kamu memiliki beberapa ukuran ini. Jika kamu membuat bingkai persegi, pasti butuh 1 magnet untuk setiap sisinya untuk menahan materi las

3. Sarung Tangan Las
Pastinya kamu harus memiliki alat ini, kecuali kamu siap untuk mengalami kerusakan saraf pada jarimu.  Ada sarung tangan las yang sangat tebal sehingga memungkinkanmu untuk mengambil potongan logam panas selama beberapa beberapa detik tanpa terbakar.

Lalu ada juga sarung tangan yang terbuat dari kulit yang tipis. Sarung tangan ini bagus untuk tipe pengelasan TIG dimana anda membutuhkan pegangan yang akurat untuk memegang torch.

Untuk welder pemula kami sarankan untuk memilih sarung tangan yang tebal. Karena bisa bertahan lebih lama, kecuali anda banyak menggunakan untuk logam panas dengannya.

4. Sikat Baja
Sikat logam berguna jika anda menggunakan proses pengelasan yang menghasilkan kerak. Contohnya adalah pada pengelasan Stick atau Flux core, kamu harus membersihkan sisa kerak dari pada hasil dari lasan. 

5. Kikir Besi
Ketika kamu memotong besi, pasti akan ada serbuk besi yang tersisa dan ingin dibersihkan. Kamu bisa menggunakan grinder untuk pengerjaan yang lebih besar, tapi dengan kikir ini kamu bisa digunakan untuk pekerjaan yang lebih detail.

6. Mesin Gerinda
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu fungsi alat ini untuk kebutuhan merapikan sisa potongan. Tapi gerinda ini memiliki banyak fungsi lainnya seperti, memasang roda potong untuk memotong logam, memasang sikat kawat untuk menghilangkan cat, atau flap disk untuk membuat hasil yang lebih rapi.

Kami sarankan setidaknya kamu memiliki dua jenis gerinda, yaitu satu untuk mengamplas dan satu untuk memotong.

 

7. Palu Kerak
Seperti yang sudah disebut sebelumnya bahwa ketika mengelas MIG dengan flux core atau pengelasan stick yang menghasilkan banyak kerak. 

Palu ini berbentuk lancip atau tipis pada bagian ujungnya, biasanya digunakan untuk membersihkan kerak las setelah proses pengelasan selesai dan juga membersihkan percikan spatter.

Welding Consumable


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.