CV Citra Harapan Jaya – Bentuk busur yang tidak menentu,  kabel untuk mesin las MIG tidak rata, atau mesin kamu mulai panas. Masalah diatas adalah beberapa contoh masalah yang bisa timbul seiring dengan penggunaan mesin las. Perawatan pada mesin penting dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah-masalah diatas, perawatan juga sangat penting karena dapat memperpanjang usia mesin.

Perawatan yang tepat dan menyeluruh memungkinkan mesin las untuk berjalan dengan lancar dan dapat diandalkan dalam waktu yang lama. Sedangkan pemeliharaan yang tidak tepat atau bahkan mengabaikan perawaran dapat menyebabkan kegagalan pada mesin. Pada tahap yang serius bisa menyebabkan cedera parah atau bahkan kematian.

  1. Gunakan Mesin Sesuai dengan Spesifikasinya
    Cara paling dasar dalam perawatan mesin las adalah menggunakan mesin sesuai dengan spesifikasinya. Siklus kerja akan mencegah anda untuk memaksa pengelasan melebihi batasnya. Jadi penting untuk menyesuaikan jenis pekerjaan dengan jenis mesin yang digunakan sehingga tidak mesin tidak berkerja melebihi batasnya. Atau bisa juga anda membeli mesin dengan jenis pekerjaan yang akan diambil.
  2. Melakukan Tindakan Pencegahan
    Setiap minggu, tukang las membersihkan mesinnya dengan cara membuka mesin dan meniupkan udara bertekanan tinggi ke dalam unit untuk menghilangkan semua debu dan kotoran dari komponen mekanis pada mesin. Ada baiknya juga untuk menggunakan cover pada mesin dan ketika melakukan pengamplasan dilakukan dengan jarak yang cukup jauh dari mesin agar tidak ada kotoran yang menyangkut Ketika mesin digunakan.
    Salah satu tips keselamatan yang umum adalah ketika melakukan pengerjaan kayu harus dikerjakan di lokasi yang berbeda dengan pengerjaan las. Karena serbuk kayu dapat dengan mudah menangkap percikan api dari mesin las, sehingga memungkinkan terjadinya kebakaran jika meyambar ke benda lain.
  3. Memberikan Pelumas
    Kadang ada bagian dari mein las anda membutuhkan pelumas untuk memperlancar kinerjanya, jadi penting untuk mengaplikasikan pelumas baru. Penggantian suku cadang atau meniupkan udara bertekanan tinggi juga dapat menyelesaikan masalah ini -mesin yang kotor-, tapi tidak selalu. Jadi mulailah memberi pelumas pada mesin anda
  4. Lakukan Perawatan Secara Teratur
    Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah menetapkan jadwal perawatan yang rutin. Beberapa bengkel memiliki prosedur perawatan mingguan, bulanan, sampai tahunan untuk menjaga agar mesin mereka dapat bekerja dalam kondisi prima.
    Bukan hal yang aneh jika bengkel las memiliki peralatan yang di servis secara professional setahun sekali, tapi penentuan waktu servis haruslah disesuaikan dengan intensitas penggunaan mesin.
  5. Gantilah Suku Cadang
    Bukan rahasia lagi jika bagian ujung atau nozel pada obor las perlu penggantian yang rutin. Namun, beberapa bagian lainnya dari mesin las juga perlu penggantian yang rutin. Anda terkadang perlu mengganti gun liner yang ada pada bagian wire feeder. Ini merupakan bagian penting pada mesin las bertipe MIG, karena banyak bagian yang bergerak terutama pada bagian wire feeder. Semua kembali lagi kepada seberapa sering mesin digunakan jadi penggantiannya pun dapat disesuaikan agar wire feeder berjalan lancar.

CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.