Chain block dan wire rope hoist adalah dua perangkat yang digunakan untuk mengangkat beban-beban berat. Pada artikel ini kita akan membahas kedua jenis alat angkat tersebut. Chain block dan wire rope hoist memiliki fungsi yang serupa, tetapi berbeda dalam penggunaan dan kapasitas bebannya. Jadi, sebelum memutuskan mau membeli yang mana, penting untuk mengetahui kebutuhan di tempat kerja Anda, jadi anda harus mempertimbangkan kegunaan, lingkungan, kapasitas, dan siklus kerja. Penting juga untuk mengetahui bahwa alat yang Anda beli sesuai dengan tujuan penggunaannya agar tidak menimbulkan pengeluaran tambahan, seperti perawatan yang intensif, kerja yang tidak efisien dan pekerjaan menjadi terhambat yang akan berdampak pada peningkatan biaya operasional.

Chain Block dan Wire Rope Hoist

Pada bagian ini kita akan membahas apa itu chain block dan wire rope dan juga membahas perbedaan diantara keduanya

Chain Block

Chain block merupakan perangkat yang digunakan untuk mengangkat beban yang berat dengan kapasitas beban mulai dari 0.5 ton hingga 20 ton. Chain block ini menggunakan mekanisme katrol yang terdiri dari rantai baja tunggal yang terhubung dengan kait/hook. Pada chain block manual rantai terdiri dari dua jenis rantai yaitu rantai beban dan rantai tangan.

Wire Rope Hoist

Wire Rope Hoist ini terdiri dari tali baja atau kawat seling yang dibuat secara berulir sehingga membentuk untaian yang tebal dan digulung pada drum penggulung sebagai sistem angkatnya. Jika dibandingkan dengan rantai yang digunakan pada chain block, kawat seling pada wire rope lebih kuat, tidak mudah putus, dan tidak berisik saat digunakan.

Perbedaan Chain Block dan Wire Rope Hoist

Perbedaan utama antara Chain Block dan Wire Rope Hoist adalah sebagai berikut

Design

Chain block menggunakan rantai baja sebagai media pengangkatnya, sedangkan wire rope hoist menggunakan kabel baja yang terdiri dari serangkaian kawat berulir untuk mengangkat beban

Kapasitas

Kapasitas dalam pengangkatan chain block umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan wire rope hoist. Biasanya chain block dapat mengangkat beban hingga sekitar 50 ton, sedangkan wire rope hoist dapat mengangkat beban hingga lebih dari 100 ton. Kapasitas pengangkatan ini berbeda-beda tergantung dari brand.

Kecepatan

Dalam pengoperasian wire rope hoist dapat bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan chain block karena desain kabel baja lebih ringan dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan rantai baja.

Ketahanan

Dalam masa penggunaan wire rope hoist cenderung dapat bertahan lebih lama karena kabel baja memiliki masa pakai yang lebih panjang jika dibandingkan dengan rantai baja pada chain block

Harga

Harga wire rope umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan chain block karena design, material, dan teknologi yang lebih canggih. Harga ini tergantung pada merk, model dan kapasitas yang dipilih.

Kelebihan Chain Block

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki chain block,

Pengoperasian Mudah

Chain block cenderung lebih mudah dalam pengoperasiannya dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk mengoperasikannya.

Kapasitas Angkat

Meskipun kapasitas angkatnya lebih rendah jika dibandingkan dengan wire rope hoist, chain block tetap dapat diandalkan untuk mengangkat beban berat hingga 50 ton

Harga

Harga bisa menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh chain block karena jika dibandingkan dengan wire rope untuk kapasitas beban yang sama.

Daya Tahan

Chain block terbuat dari material yang kuat dan tahan lama, sehingga dapat digunakan secara terus menerus dalam waktu yang lama dengan perawatan yang minimal.

Portable

Chain block dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga sangat cocok untuk untuk digunakan pada lokasi yang tidak membutuhkan peralatan angkat yang permanen

Kelebihan Wire Rope Hoist

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki wire rope hoist

Kapasitas angkat

Wire rope dapat mengangkat beban yang lebih berat jika dibandingkan dengan chain block, untuk kapasitas angkat bisa mencapai 100 ton bahkan lebih

Kecepatan

Dalam hal kecepatan wire rope dapat bekerja lebih cepat jika dibandingkan dengan chain block karena design kabel baja yang lebih ringan dan fleksibel jika dibandingkan dengan rantai

Ketahanan

Masa pakai wire rope cenderung lebih lama karena kabel baja memiliki masa pakai yang lebih panjang jika dibandingkan dengan rantai pada chain block

Presisi

Wire rope hoist dapat dikendalikan dengan lebih presisi daripada chain block, sehingga lebih cocok digunakan dalam aplikasi yang memerlukan akurasi yang tinggi.

Fleksibilitas

Wire rope hoist dapat digunakan dalam berbagai industri seperti pada konstruksi, manufaktur, dan jasa pengiriman barang.

Chain Block atau Wire Rope Hoist

Sebelumnya kita sudah membahas perbedaan dan kelebihan yang dimiliki oleh Chain block dan Wire rope hoist, sekarang kita akan membahas beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan saat memilih chain block dan wire rope hoist.

Kapasitas angkat

Dalam memilih alat angkat, kapasitas beban yang akan diangkat menjadi salah satu poin utama untuk menentukan produk mana yang akan dibeli. Chain block dapat mengangkat beban hingga sekitar 50 ton, sedangkan wire rope dapat mengangkat beban hingga lebih dari 100 ton

Kecepatan

Jika kecepatan dalam pengoperasiaan menjadi fokus, maka wire rope bisa menjadi pilihan utama karena bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan chain block

Akurasi

Jika presisi dan akurasi merupakan hal penting, maka wire rope hoist merupakan pilihan terbaik karena dapat dikendalikan dengan lebih presisi.

Lingkungan kerja

Pertimbagkan lingkungan dimana alat angkat akan anda gunakan. Chain block lebih cocok untuk lingkungan yang kasar dengan kondisi cuaca yang buruk, sedangkan wire rope cocok untuk lingkungan kerja yang bersih dan kering

Biaya

Biaya juga menjadi faktor penting dalam memilih kedua produk ini. Chain block biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan wire rope hoist untuk kapasitas yang sama.

Merek dan kualitas

Dalam memilih chain block dan wire rope hoist pastikan memilih produk dengan merek dan kualitas yang terbaik agar alat dapat bekerja dengan maksimal.

Sebelumnya kita sudah bahas mengenai kelebihan dari Chain Block dan Wire Rope Hoist dan juga cara memilih salah satunya. Wire rope hoist memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah kecepatan dalam penggunaannya dan juga masa pakai yang lebih lama. Jika anda membutuhkan kelebihan-kelebihan dari wire rope hoist tapi dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, anda bisa memilih Kobachi Electric Chain Hoist Mini Sling. Kobachi merupakan salah satu merek yang menyediakan berbagai lifting equipment seperti chain block, lever hoist, mini sling, dan juga rolley terbaik dengan menggunakan teknologi Jepang. Anda bisa mendapatkan produk Kobachi dengan harga terbaik dengan klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1 | Sumber 2