Ketika membahas mengenai alat untuk mengangkat beban berat, manual chain hoist dan lever hoist adalah yang paling populer dan digunakan hampir semua pabrik manufaktur, konstruksi, dan pergudangan. Chain hoist juga dikenal dengan chain block atau chain pulley block. Chain block bekerja untuk memindahkan beban berat melalui penarikan pada rantainya.

Ketika chain block beroperasi dengan menggunakan tangan, lever hoist (atau ratchet lever hoist) dioperasikan dengan menarik tuas baik kedepan dan kebelakang. Lever hoist ini banyak digunakan untuk mengangkat beban yang kecil dan merupakan alat angkat manual yang portable.

Apa Itu Chain Block

Chain block adalah alat mekanik yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban berat dan bekerja dengan cara menarik rantai tangan. Chain block ini banyak digunakan dalam berbagai industri seperti produksi, agrikultur, manufaktur, tambang, konstruksi, dan banyak lagi. Biasanya chain block digunakan untuk:

  • Melepaskan mesin dengan mudah dari mobil di garasi bengkel
  • Memasang atau melepas katup di sektor minyak dan gas
  • Mengangkat pompa. Genset, atau alat besar lainnya dari fasilitas pengelolaan air
  • Mengangkat beban ke lokasi yang lebih tinggi di lokasi konstruksi
  • Mengangkat dan menahan posisi pipa pada tempatnya ketik proses pengelasan atau pemasangan baut

Apa Itu Lever Hoist

Lever Hoist adalah alat berkualitas tinggi yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban berat. Lever hoist dapat mengangkat barang hampir pada semua posisi dengan menarik tuas kedepan dan kebelakang, lever hoist ini banyak digunakan untuk

  • Memasang pagar
  • Digunakan bersama dengan sling untuk meratakan beban saat mengangkat
  • Menarik pipa
  • Perenggangan kabel
  • Meluruskan tiang
  • Menarik pohon dari tanah
  • Salah satu keuntungan dari penggunaan lever hoist adalah anda dapat mengangkut beben ke segala arah, tidak
  • seperti chain block konvensional yang digunakan untuk mengangkat beban ke arah vertikal.

5 Perbedaan dari Chain Block dan Lever Hoist:

  • Mode Pengoperasian

Chain block biasanya digantung dengan pengait atau terintegrasi dengan troli berjalan yang memungkinkan mengangkat benda dan memindahkannya ke lokasi yang berbeda. Oleh karena itu chain block cocok untuk operasi seperti mengangkat sepeda motor atau benda apapun yang membutuhkan pemindahan dari garasi.
Sementara lever hoist lebih sering digunakan untuk menarik, memposisikan dan mengamankan benda berat dibandingkan hanya untuk mengangkat benda berat. Sebagai contoh untuk menarik saluran listrik selama pemasangan ke menara atau untuk memposisikan pipa di kilang selama konstruksi.

  • Cara Kerja

Secara garis besar chain block dioperasikan dengan menarik rantai tangan ke bawah di satu sisi unit chain block untuk memulai mekanisme katrol yang terdiri dari beberapa roda gigi katrol di sisi lain blok. Jadi dengan menerapkan gaya minimum pada rantai tangan, anda dapat mengoperasikan chain block dari jarak yang lebih jauh.

Sedangkan lever hoist bekerja menggunakan sistem tuas ratchet untuk memutar roda gigi atau katrol yang terpasang untuk mengangkat beban. Sistemnya bekerja dengan cara menarik tuas secara manual ke depan dan ke belakang, anda dapat lever hoist ini untuk memindahkan beban. Jadi tidak seperti chain block yang harus dioperasikan menggunakan dua tangan, lever hoist ini dapat dengan mudah dioperasikan dengan satu tangan untuk menaikan atau menurunkan beban.

  • Kapasitas

Chain block dan lever hoist ini sama-sama dapat digunakan untuk mengangkat beban berat, tetapi chain block memiliki kapasitas angkat yang lebih tinggi dibandingkan lever hoist. Sebagai contoh chain block kobachi memiliki kapasitas maksimal angkat sampai 20 ton, sedangkan untuk lever hoist kapasitas maksimalnya hanya 6 ton.

  • Jarak Pengoperasian

Lever hoist biasanya dioperasikan dengan satu atau dua tangan dimana operator harus mengoperasikannya disamping sistem perangkat. Sedangkan pada chain block memungkinkan operator untuk menjalankannya dari jarak tertentu.

  • Efisiensi

Lever hoist dan chain block dapat dioperasikan manual tanpa memerlukan daya listrik. Untuk beban yang sama lever hoist lebih cocok untuk digunakan, sedangkan chain block lebih efisien dalam hal memindahkan beban untuk jarak yang lebih jauh.

  • Desain

Lever hoist merupakan evolusi dari chain block yang mengubah rantai tangan menjadi tuas

Kobachi merupakan salah satu merek yang menyediakan berbagai lifting equipment seperti chain block dan lever hoist terbaik dengan menggunakan teknologi Jepang. Anda bisa mendapatkan chain block maupun lever hoist dengan harga terbaik dengan klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1| Sumber 2 | Sumber 3