CV Citra Harapan Jaya – Dunia pengelasan merupakan dunia yang cukup menarik –terutama bagi penggemar DIY dan calon welder yang baru mulai belajar– dengan berbagai macam produk dan aksesoris yang tersedia di pasar. 

Jika kamu seorang calon welder, akan lebih baik jika sobat memahami berbagai jenis peralatan mesin las untuk meningkatkan produktivitas pengerjaan nantinya. Jika sobat sudah bisa memutuskan model pengelasan mana yang cocok untuk pekerjaan tertentu (Jenis-jenis Mesin Las), kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dipilih sebagai supervisor atau asisten proyek oleh pemberi kerja.

Berikut adalah tips untuk memilih mesin las terbaik. Langsung aja cek daftar di bawah untuk menentukan pilihan mesin las yang cocok dengan kebutuhan industrimu.

Mesin Las Terbaik

Jenis Elektroda

Biasanya pengelasan dapat dikerjakan dengan baja karbon. Baja karbon memiliki kemampuan untuk menangani panas yang baik, tapi bisa saja baja karbon tidak sengaja menempel pada logam dasar. 

Penggunaan stainless steel merupakan bahan yang paling cocok karena kemampuannya dalam menahan korosi. Stainless steel ini juga sangat cocok untuk mesin las TIG dan MIG yang tidak memerlukan banyak arus listrik saat pengelasan, sama seperti dengan baja karbon.

Aluminium membutuhkan panas yang stabil untuk menjaga kolam las agar tidak mengering karena kapasitas konduktif panasnya yang tinggi. Namun dengan panas yang tinggi ini sering kali menyebabkan perubahan bentuk pada benda kerja. Dengan demikian aluminium membutuhkan mesin las yang lebih kompleks, seperti mesin MIG yang dilengkapi dengan kemampuan melakukan pulse welding, agar dapat menyatu secara optimal.

Menentukan Arus Listrik Yang Ideal

Harga mesin las tergantung pada arus yang dihasilkannya; logam yang lebih tebal biasanya membutuhkan lebih banyak arus agar dapat dilas dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya anda memperhatikan ketebalan logam yang akan anda gunakan dalam bekerja.

Untuk baja dengan struktur tebal dan pipa yang memiliki ketebalan setengah inci, mesin yang cocok adalah dengan jenis ARC atau mesin las MIG kelas atas untuk hasil las yang efektif.

Sebaliknya, untuk mengelas logam yang tipis kamu membutuhkan mesin las yang lebih sensitif untuk menghasilkan panas dalam jumlah yang tepat untuk membentuk lasan. 

CV. Citra Harapan Jaya juga menyediakan mesin las hemat listrik dan cocok untuk penggunaan dirumah, artikelnya dapat kamu lihat disini. (MESIN LAS TERBAIK UNTUK PENGGUNAAN DI RUMAH)

Lokasi Dalam Melakukan Pengelasan

Tempat anda bekerja juga dapat membantu untuk menentukan mesin las yang sesuai. Saat bekerja di dalam ruangan biasanya menggunakan mesin dengan daya 115 volt ke AC mesin dan  220-240 volt ke AC supply. Daya 115 volt merupakan daya umum yang dapat ditemukan pada fasilitas umum atau domestik. Mesin las pada umumnya bisa bekerja pada tegangan ini. Mesin dapat bekerja dalam satu fase maupun tiga fase.

Daesung ARC 120 SE , mesin las 450 watt

Melihat Lembar Spesifikasi

Dengan melihat lembar spesifikasi dapat membantu dalam membedakan mesin yang satu dengan mesin lainnya. Misalnya, lembar spesifikasi dapat membantu anda mengukur seberapa lama mesin dapat bekerja/siklus kerja. Siklus kerja mewakili jumlah menit yang dapat anda las, dengan interval standar sepuluh menit. Jika melebihi siklus kerja ini dapat menyebabkan mesin menjadi panas sehingga merusak sirkuit internalnya.

Jenis Gas

Proses pengelasan yang berbeda pastinya membutuhkan jenis gas yang berbeda pula. Oksigen, argon, dan karbon dioksida merupakan gas yang paling umum digunakan dalam prosedur pengelasan. Artikel tentang pemilihan Gas yang cocok untuk tipe pengelasan yang digunakan dapat kamu lihat pada artikel (PILIHAN GAS UNTUK LAS: ARGON (Ar) ATAU KARBON DIOKSIDA (CO2)).

 


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.