CV Citra Harapan Jaya – Artikel kali ini dibuat khusus untuk sobat yang baru pertama kali mengoperasikan atau mau belajar menggunakan mesin las. Kali ini kita akan membahas mengenai 3 jenis mesin las yaitu mesin las MMA, TIG, dan MIG. Kita akan membahas satu-persatu perbedaan cara mengoperasikan masing-masing mesin las tersebut.

Karena setiap mesin memiliki perbedaan cara pengoperasian sesuai dengan merek dan jenis mesin, jadi pembahasan dibawah merupakan cara pengoperasian yang umum.

Mesin Las MMA

Las MMA ini menghasilkan penggabungan yang paling kuat dibandingkan dengan metode pengelasan yang lainnya. Metode ini paling bagus diaplikasikan pada konstruksi dan industri, karena dapat digunakan hampir untuk semua jenis metal dengan berbagai ketebalan. Kelebihan lainnya dari las MMA adalah dapat digunakan untuk semua jenis cuaca seperti hujan, pasir maupun salju. (Kesalahan Pemula Pada Pengelasan MMA)

Mesin las MMA memiliki banyak sekali variasi sehingga akan berbeda juga cara mengoperasikannya, tetapi tetap ada beberapa kesamaan. Cara mengatur ampere yang tepat untuk ukuran batang adalah salah satunya.

Cara Mengoperasikan Mesin Las ARC Inverter

  • Siapkan peralatan dan item-item yang akan digunakan pada di area kerja kamu
  • Siapkan material yang akan kamu las, dan sambungkan Ground clamp ke salah satunya.
  • Nyalakan mesin las dan atur arus listrik sampai melewati titik tengah dari kisaran tegangan yang disarankan yang tercantum pada mesin.
  • Jauhkan rod holder dari materi yang akan dilas, masukkan batang elektroda & “kunci” kedalam rod holder.
  • Arahkan ujung batang elektroda beberapa inci dari tempat yang akan kamu las.
  • Gunakan helm dan kamu siap untuk mengelas.

Mesin MMA Terbaik

Mesin Las TIG

Metode TIG ini membutuhkan keahlian yang khusus, karena jika dilakukan dengan benar dapat menghasilkan las yang sangat rapi dan halus sehingga enak untuk dilihat, cocok diaplikasikan pada media las yang terlihat dan material yang berukuran tipis seperti furniture, kitchenware, dan sepeda. (TIG vs. MIG : Mana Yang Terbaik)

Metode ini juga sering digunakan untuk pembuatan kapal, otomotif dan pembuatan pesawat. Karena prosesnya yang sulit, proses pengelasan dengan metode ini menjadi lebih lama dibandingkan dengan yang lainnya. (Perbedaan Scratch start, Lift start, dan HF start Pada Las TIG)

Cara Mengoperasikan Mesin Las TIG Inverter :

  • Hubungkan Torch, gunakan adaptor dari paket aksesori kamu dan colokkan ke bagian depan mesin. Sambungkan juga selang gas dan regulator.
  • Hubungkan Remote Control, colokkan pedal kaki atau fingertip control ke dalam mesin.
  • Hubungkan Work Clamp, Colokkan Work Clamp (terkadang disebut sebagai ground clamp) ke dalam mesin. Jepit ujung Work Clamp ke materi yang akan dikerjakan
  • Pilih Polaritas, untuk pengelasan aluminium, ubah pengaturan ampere pada bagian panel depan ke AC. Untuk pengelasan baja dan campuran baja, ubah pengaturan arus listrik Anda ke DCEN. (Perbedaan Las AC dan DC)
  • Siapkan Tungsten, asah tungsten sampai runcing dan sesuaikan ukuran dengan ukuran diameternya. Idealnya bagian yang diasah akan memiliki panjang setengah sampai dua kali diameter dari ujung tungsten.
  • Pasang Torch, longgarkan tutup belakang dan lepas tungsten dari torch. Lepaskan nosel dan bagian collet tembaga dari torch. Pasang kembali badan collet ke dalam torch dan kencangkan. Lalu pasang kembali nozel ke torch.
  • Pasang Tungsten, tempatkan tungsten ke dalam collet. Biarkan sekitar 1/8 hingga 1/4 inci mencuat keluar dari collet. Kencangkan tutup belakang.
  • Hubungkan Daya, pastikan colokan yang kamu sambungkan cocok dengan socket yang ada.

Mesin TIG Terbaik

Mesin Las MIG

Metode ini merupakan metode pengelasan yang cukup mudah untuk dipelajari karena kemudahan untuk mengontrol kecepatan kawat las tanpa harus menggantinya secara terus menerus tidak seperti SMAW. (Pengelasan MIG Tanpa Gas/Gasless Welding)

Metode ini juga dikenal sebagai salah satu metode yang paling efisien dalam dunia pengelasan, karena dapat dengan cepat menggabungkan metal dengan waktu tunggu yang singkat. Namun peralatan untuk metode GMAW ini cukup mahal jika dibandingkan dengan dua metode lainnya.

Cara Mengoperasikan Mesin Las MIG Inverter

  • Kabel las yang digunakan harus memiliki jenis dan diameter yang cocok dengan mesin las yang kamu miliki. Jangan pernah menggunakan kabel las yang berkarat, karena karat akan mudah lepas dan menghambat tabung torch.
  • Siapkan masker las dan sepasang sarung tangan las. Masker harus memiliki kaca gelap dengan tingkat kegelapan 9-13. Tingkat kegelapan no 11 biasanya cocok untuk pengelasan dengan ampere rendah seperti pada pengerjaan lembaran logam (badan mobil). Semakin tinggi ampernya maka semakin tebal pula ketebalan logamnya jadi tingkat kegelapan masker juga harus makin tinggi. (Bahaya Genset Untuk Mesin Las!!!)
  • Materi untuk menguji, kamu bisa juga menyiapkan bahan untuk melakukan pengujian mesin sebelum melakukan pengelasan, bahan harus baja tanpa karat dan kotoran. Pastikan juga tidak ada bahan yang mudah terbakar disekitarmu, karena pengelasan akan menghasilkan percikan api.
  • Pastikan steker memiliki ukuran yang benar dan cocok ketika dicolokan ke soket listrik.
  • Jepit ground clamp ke bahan dasar yang akan di las
  • Hubungkan regulator ke tabung gas, pastikan terpasang dengan kencang. Lepaskan kenop pengukur tekanan sebelum menghidupkan tabung. Biasanya akan ada 2 indikator pengukur tekanan di atasnya. Satu untuk mengetahui isi gas di dalamnya dan yang satunya lagi untuk mengatur tekanan yang dialirkan kebagian torch. (Pilihan Gas Untuk Las : Argon atau CO2)
  • Tahap terakhir sebelum mulai mengelas adalah, kamu harus memasukan kawat las MIG melalui satu set roller drive.

Mesin MIG Terbaik

Semoga artikel mengenai tutorial dasar menjalankan mesin las ini berguna, khususnya untuk kamu yang baru mulai masuk kedalam dunia pengelasan. Informasi ini jangan kamu gunakan sendiri, bagikan ke teman-temanmu yang juga baru belajar menggunakan mesin las.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

[/fusion_text][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]