MIG merupakan salah satu jenis mesin las banyak digunakan untuk keperluan rumah maupun industri karena kemudahan dalam mengoperasikannya. Pada artikel ini kita akan membahas dasar-dasar dalam pengelasan MIG dan teknik pengelasan MIG yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan anda, khususnya untuk pemula.

Apa Saja Yang Bisa Dilas Dengan Mesin Las MIG

Mesin las MIG dapat digunakan untuk mengelas aluminium, stainless steel, baja karbon, baja campuran, lembaran logam, tembaga, dan logam lainnya. Pengelasan mig juga sering digunakan untuk memperbaiki logam yang rusak dan jenis las ini cenderung bekerja paling baik pada bahan yang agak tipis.

Perlengkapan Apa Saja Yang Digunakan Untuk Mesin Las MIG

Dalam menggunakan mesin las MIG Anda membutuhkan tabung karbon dioksida atau argon, diluar perlengkapan mesin las yang sudah tersedia seperti power supply, wire feeder, ground clamp, dan regulator gas.

Selain alat-alat yang sudah disebutkan diatas anda memerlukan beberapa alat pelindung diri agar tetap aman selama bekerja seperti masker atau helm las, sarung tangan, sepatu bot, dan baju pelindung. Jika ada masalah ventilasi, Anda dapat memilih untuk menggunakan respirator atau peralatan untuk mengeluarkan asap.

Tutorial Memulai Las MIG

Tutorial di bawah adalah tutorial dasar yang bisa Anda ikuti untuk memulai proses las MIG. Dengan memahami prosesnya tentu akan mempermudah anda mengetahui apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan hasil las yang maksimal

1. Mempersiapkan Alat dan Tempat Kerja

Langkah awal dalam belajar las MIG adalah mempersiapkan peralatan yang anda butuhkan. Memastikan alat berfungsi dengan baik adalah kunci untuk menghasilkan lasan yang baik. Anda bisa mengikuti daftar di bawah ini sebelum memulai:

    • Pastikan ukuran kawat las sesuai dengan mesin dan wire feeder, agar wire feeder dapat mengumpankan kawat las dengan lancar dan tidak tersumbat.
    • Buka katup pada tabung gas dan pastikan ada aliran gas.
    • Periksa MIG gun apakah sudah tersambung dengan benar, anda bisa coba untuk mengeluarkan sedikit kawat las dengan memencet tombol pada MIG gun
    • Pastikan ground clamp bersih, bebas dari karat, dan dalam kondisi baik. Hubungkan langsung pada materi kerja dan pastikan juga tidak ada serpihan atau karat pada logam yang akan dilas.
    • Jika ada karat, kotoran, dan noda pada materi las, anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan gerinda atau amplas.
    • Siapkan juga alat pemadam jika dibutuhkan.
    • Yang terakhir adalah kenakan alat pelindung seperti kacamata atau helm, pakaian yang cukup menutupi area kulit, sarung tangan dan sepatu.

2. Pasang Ground Clamp

Mulailah dengan menempelkan ground clamp ke permukaan logam las. Jika anda bekerja pada bengkel atau toko, biasanya welder memasang ground clamp pada meja las.

3. Siapkan Gas

Buka katup gas dengan memutar sekrup pada regulator gas yang biasanya terletak di bagian atas tabung gas. Setelah indikator PSI sudah mencapai angka 1.000 PSI atau lebih, anda siap untuk mengelas. Kencangkan kembali sekrup pada regulator sampai pada PSI yang sesuai dengan bahan yang akan anda las.

4. Mengatur Mesin Las

Ada beberapa variabel yang bisa anda atur untuk menyesuaikan dengan hasil, materi yang ingin di las, ketebalan kawat dan komposisi gas. Banyak mesin las yang mencantumkan pengaturan yang ideal untuk berbagai kondisi. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan projek yang sedang anda kerjakan.

Selanjutnya nyalakan mesin las dengan menghubungkannya dengan sumber listrik. Sesuaikan voltase dan kecepatan wire feeder dengan pengaturan yang disarankan pada buku manual, jika terlalu tinggi anda bisa merusak benda kerja dan jika terlalu rendah kekuatan dan hasil lasan akan terganggu. Pada mesin las keluaran terbaru, kecepatan wire feeder dapat secara otomatis disesuaikan dengan ampere yang digunakan atau yang sering disebut dengan synergic seperti pada mesin las Daesung MIG 120 SE. Lasan yang mulus, rata, konsisten, tanpa adanya hambatan adalah tanda bahwa anda sudah menggunakan pengaturan yang sesuai.

5. Mulai Proses Las

Kita asumsikan semua peralatan berjalan dengan baik dan sekarang anda siap untuk mengelas. Ada dua teknik dalam pengelasan MIG yang bisa anda gunakan:

    • Pushing : ketika anda mengelas dengan teknik dorong, hasil las yang akan terbentuk adalah penetrasi yang dangkal dengan lasan yang melebar.
    • Pulling : hasil las dari teknik ini lasan akan cenderung lebih sempit tetapi dengan penetrasi yang lebih dalam

6. Menyelesaikan Proses Las

Tetap gunakan sarung tangan sampai semua proses selesai. Anda bisa menurunkan kecepatan wire feeder sampai pada kecepatan terendah. Tutup katup pada tabung gas sampai benar-benar kencang. Lalu anda bisa mulai mematikan mesin dan yang terakhir anda bisa melepas ground clamp dan kabel listrik dari sumber listrik.

Kapan Pengelasan MIG Dibutuhkan

Pengelasan mig adalah jenis pengelasan yang ideal untuk menggabungkan baja, stainless steel, dan aluminium. Metode ini ideal untuk logam dengan ketebalan sampai dengan ⅜ inci. Sedangkan jika ingin mengelas logam yang lebih tebal disarankan menggunakan mesin MMA.

Tips Menggunakan Menghasilkan Lasan Yang Ideal

  • Jangan gunakan ground clamp yang rusak dan ganti jika diperlukan
  • Bersihkan debu, kotoran, dan minyak dari area kerja
  • Siapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan selama proses las
  • Anda bisa memanaskan benda kerja dengan mig torch untuk meningkatkan kualitas lasan
  • Anda juga bisa coba memulai dengan menggunakan besi tua untuk memastikan mesin berjalan baik
  • Untuk mendapatkan hasil las yang sempurna anda harus membiarkan logam benar-benar dingin sebelum memegangnya.

Tutorial diatas merupakan cara untuk las MIG dengan menggunakan gas CO. Sekarang proses pengelasan MIG sudah semakin mudah dengan adanya mesin las MIG tanpa gas atau gasless yang menggunakan kawat las FCAW khusus. Proses pengelasan tanpa gas ini akan memudahkan untuk welder yang melakukan proses pengelasan pada area yang memiliki sedikit ruang gerak ataupun pengelasan yang mengharuskan welder mengelas pada area yang berangin. Salah satu pilihan mesin MIG tanpa gas terbaik adalah Daesung MIG 120 SE. Mesin ini memiliki ukuran yang kecil sehingga mempermudahnya untuk pegelasan yang mobile, mesin ini juga memiliki 4 fungsi sekaligus dan salah satunya adalah fungsi MIG gasless.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1