CV Citra Harapan Jaya – Ketika menyebutkan kata “Industri” mungkin gambaran yang terlintas adalah mesin dan peralatan mekanik yang bekerja secara simultan. Karena itu diperlukan banyak hal agar proses ini dapat berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dalam proses pemilihan fasilitas penunjang. Kurangnya pengetahuan dan ketelitian dalam pemilihan alat akan menjadi masalah yang besar kedepannya dan menjadikan kerja menjadi tidak efektif. Pada artikel ini secara khusus kita akan cara memilih Chain Block manual yang terbaik. (5 TIPS MERAWAT CHAIN BLOCK)

Chain block atau katrol merupakan mekanisme untuk mengangkat dan menurunkan beban berat dengan menggunakan sebuah rantai. Chain block memiliki 2 roda yang di sekelilingnya dibungkus dengan rantai. Saat menarik rantai, rantai akan membungkus roda dan mulai mengangkat benda yang menempel pada kail. 

MESIN LAS LISTRIK TERBAIK

Perbedaan Chain Block dan Chain Hoist

Chain block hanya dapat digunakan untuk mengangkat beban pada posisi vertikal. Jika dipaksakan untuk mengangkat beban secara horizontal kemungkinan mekanismenya akan terkunci. Disisi lain, chain hoist memiliki kelebihan ini, yaitu dapat digunakan untuk mengangkat beban secara vertikal maupun horizontal. Chain hoist ini juga dapat menggunakan tuas untuk mengencangkan dan mengikat kargo untuk transportasi.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita membahas hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih Manual Chain Block

Cara Memilih Manual Chain Block Yang Baik.

Setelah menentukan daftar peralatan yang dibutuhkan apa saja, satu hal yang harus dipastikan adalah kualitas dari barang tersebut. Caranya adalah dengan memastikan barang yang dipilih adalah yang terbaik. Berikut adalah tips dalam memilih chain block yang baik:

  • Memilih Kapasitas Yang Sesuai

Memilih chain block tanpa mengetahui kapasitas yang dibutuhkan industri anda adalah sebuah kesalahan besar yang anda buat sejak awal. Secara umum, kapasitas chain block berkisar dari 0,5 ton hingga 50 ton untuk melakukan penarikan atau pengangkatan beban.

Pemilihan kapasitas harus didasarkan pada berat material terberat yang ingin anda angkat dengan chain block. Jadi penting untuk mengetahui besar kapasitas yang dibutuhkan oleh usaha anda.

  • Memilih Mounting Yang Sesuai (Hook Mounted atau Trolley Mounted)

Ketika anda sudah mengetahui besar kapasitas yang dibutuhkan, lalu bagaimana cara memasangnya. Seperti menentukan kapasitas, anda juga harus tahu apakah katrol nanti akan terpasang tetap atau katrol yang akan dipasang pada troli.

CHAIN BLOCK TERBAIK

Katrol yang dipasang pada troli memiliki keuntungan, akan lebih mudah jika ingin memindahkan barang ke tempat lain. Sedangkan yang dipasang tetap akan membantu agar katrol tetap statis di suatu lokasi pada waktu yang lama.

  • Rantai Beban Yang terbuat Dari Campuran Baja

Rantai pengangkut beban katrol harus terbuat dari baja campuran dengan grade 80. Hal penting yang dapat dipertimbangkan saat membeli katrol adalah rantai beban tidak dilas secara manual.

Tidak peduli berapa besar diameter rantai, pengelasan manual akan selalu memiliki risiko yang lebih tinggi ketika mengangkat beban. (TIPS MEMILIH MESIN LAS LISRIK TERBAIK)

  • Panjang Rantai Harus Dipilih Dengan Benar

Pastikan panjang rantai beban sama dengan tinggi angkat dan panjang rantai tangan kurang dari setengah meter dari panjang angkat. Misalnya panjang blok angkat itu 10 meter maka panjang tangan rantai itu 9.5 meter.

  • Sparepart Yang Mudah Dicari

Jika anda berencana menggunakan dalam jangka panjang. Parameter ini harus menjadi perhatian, selalu pastikan produk yang anda beli menjamin ketersediaan suku cadangnya. Mungkin hal ini terkesan remeh tapi dapat membantu anda untuk kedepannya. Karena dapat menjamin ketika nanti ada kerusakan dan bisa dengan mudah menemukan penggantinya dengan mudah.

  • Pilih Produk Yang Bergaransi

Untuk parameter yang terakhir sebenarnya berlaku untuk produk apapun yang ada beli. Percaya atau tidak, garansi adalah jaminan tertinggi yang mungkin Anda miliki. Ini sangat penting untuk anda yang akan menggunakan dalam jangka waktu yang panjang. Kebijakan jaminan dan garansi akan menghindari pengeluaran yang tidak perlu jika ada fitur yang salah atau kerusakan. Saat memilih chain block, Anda harus memeriksa syarat garansi dan periode produk.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.