CV Citra Harapan Jaya – Las titik (spot welding) dan las tembak (stud welding) adalah metode yang sering digunakan untuk memasang pengencang pada logam. Tapi kedua teknik ini memiliki hasil yang berbeda dalam kualitas, daya tahan dan biaya. Untuk menentukan proses mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda tentu anda harus mengetahui lebih mengenai perbedaan keduannya. Langsung saja kita bahas perbedaannya dibawah

Spot Welding

Pengelasan titik / Las titik (spot welding) adalah bentuk pengelasan resistansi yang dikenal sebagai Resistance Spot Welding. Spot welding melibatkan penggunaan panas yang dihasilkan oleh resistansi terhadap arus listrik untuk menggabungkan material menjadi satu. Arus memanaskan material sampai ke titik dimana material tersebut menjadi lunak, lalu dengan penggunaan tekanan yang kuat sehingga mengikat kedua materi tersebut dan biasanya digunakan dalam pembuatan elektronik, baterai, furnitur logam, kendaraan, dan suku cadang otomotif. (Teknik Dasar dan Kesalahan Umum Las MMA)

Bentuk lain dari pengelasan resistansi adalah Pengelasan Proyeksi. Proses ini melibatkan sekring proyeksi emboss atau coined pengikat ke bahan dasar logam untuk membentuk lasan. Karena bahan tidak pernah meleleh, sehingga mereka tidak bercampur. Proses ini menghasilkan lasan yang lebih seperti penempaan material.

Spot welding hanya cocok untuk beberapa pilihan material. Baja karbon rendah merupakan bahan yang paling cocok untuk spot welding. Ini karena baja karbon lebih tahan terhadap listrik dan memiliki konduktivitas termal yang lebih rendah daripada tembaga elektroda yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik yang dibutuhkan.

Baja karbon tinggi dan paduan aluminium tidak cocok untuk tipe pengelasan ini karena akan menghasilkan pengelasan yang rapuh dan tidak akan bertahan lama. Aluminium murni dapat memenuhi syarat untuk spot welding tapi membutuhkan level arus yang lebih tinggi. Ini karena aluminium memiliki ketahanan yang lebih rendah terhadap listrik daripada baja karbon rendah. (Perbedaan Las AC dan DC)

Stud Welding

Pengelasan tembak / Las tembak (stud welding) melibatkan pembuatan busur listrik antara pengikat dan bahan induk. Panas melelehkan keduanya dan menyatukan penggunaan tekanan balik. Ada tiga jenis utama stud welding, ketiganya menghasilkan pengelasan yang kuat tetapi menggunakan teknik pengelasan yang sedikit berbeda untuk pengelasan ke bahan induk. Stud welding memadukan pengencang ke permukaan logam dengan menciptakan busur listrik di antara bagian-bagiannya. (Mesin Las Rumahan Terbaik)

  • Capacitor Discharge Stud Welding

Kapasitor dengan tegangan yang telah ditentukan melepaskan energi yang tersimpan sebagai arus tekanan tinggi. Prosedur ini menghasilkan busur dan melelehkan pip stud, yang menyentuh permukaan bahan dasar. Tekanan balik mendorong stud ke alas menimbulkan penggabungan yang sempurna antara flensa. Metode ini cocok untuk material dengan ketebalan 0.7mm ke atas.

  • Drawn Arc Stud Welding

Tiang sendiri diletakan di atas bahan. Perhitungan arus dan waktu pengelasan memicu terbentuknya pilot arc lalu mengangkat tiang sampai ketinggian yang ditentukan. Ujung tiang dan induk logam yang meleleh lalu kembali ke bagian pelat yang mencair. Metode ini cocok untuk material dengan ketebalan sepertiga dari diameter tiang. (Mengenal Mesin Las MMA)

  • Short Cycle Stud Welding

Pengelasan ini menggunakan metode seperti Capacitor Discharge Stud Welding. Namun metode ini lebih toleran untuk permukaan yang tidak rata dan kotor daripada proses pengelasan Capacitor Discharge. Proses ini menggunakan pendekatan pengelasan busur tetapi menghilangkan penggunaan ferrules keramik sehingga mengurangi biaya pengelasan yang digunakan. Proses ini cocok pengelasan dengan tebal materi induk minimal 1,5 mm.

Stud welding adalah metode yang sangat kuat dan efektif digunakan untuk menyatukan pengencang ke permukaan logam. Karena penggunaan sistem yang otomatis sehingga dapat memaksimalkan efisiensi dan memberikan akurasi terbaik. Semua bergantung pada aplikasi yang digunakan dan kesesuain penggunaan tiang dengan berbagai jenis material. (Pengaturan Mesin Las MIG Sesuai Ketebalan Besi)

 

Perbandingan Spot dan Stud Welding

Dari kedua penjelasan di atas sudah mulai ada gambaran tipe pengelasan mana yang cocok untuk kebutuhan bisnis sobat. Dibawah ini akan dijelaskan lebih dalam mengenai perbandingan antara kedua jenis metode las di atas dalam beberapa aspek. Sehingga kamu bisa langsung menentukan mana jenis pengelasan yang cocok dengan bisnismu.

  • Jenis Bahan

Baja karbon adalah bahan yang paling cocok untuk spot welding, karena ketahanannya yang tinggi terhadap listrik dan konduktivitas termal yang lebih rendah daripada elektroda tembaga yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik yang dibutuhkan. Namun, hanya ada sedikit pilihan bahan dasar yang cocok untuk teknik ini.

Aluminium murni dapat memenuhi syarat untuk spot welding tetapi memiliki ketahanan yang lebih rendah terhadap listrik dan akan membutuhkan tingkat arus yang lebih tinggi. Baja karbon tinggi dan paduan aluminium tidak sesuai untuk teknik pengelasan ini, karena membentuk lasan rapuh yang rentan retak. (5 Tips Merawat Mesin Las)

Stud welding cocok untuk berbagai macam material seperti baja, aluminium, tembaga dan kuningan. Namun, proses pelepasan kapasitor tidak sesuai dengan permukaan yang melengkung atau tidak sempurna, tetapi metode pengelasan short cycle dan drawn arc lebih toleran terhadap bahan yang cacat.

  • Kecepatan

Stud welding tidak memerlukan akses ke kedua sisi material, dan peralatannya portabel, sehingga lebih mudah untuk melakukan pekerjaan secara efisien. Proses busur yang ditarik sedikit lebih panjang karena melibatkan ferrules untuk menampung kumpulan logam cair antara tiang dan bahan induk, sehingga menambahkan lebih banyak langkah untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Namun, metode short cycle menggunakan gas pelindung sebagai gantinya, sehingga bisa mencapai hasil yang lebih cepat.(5 Tips Memilih Mesin Las)

Pengelasan spot juga merupakan prosedur yang cepat karena tidak memerlukan fluks atau logam pengisi apa pun. Satu siklus waktu pengelasan —cukup menerapkan arus pengelasan ke lembaran logam— adalah 1/50 detik dalam sistem daya 50 Hz.

  • Biaya

Efisiensi stud welding meminimalkan biaya dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan proyek. Dan hasil pengelasan stud yang tahan lama juga mengurangi kemungkinan perawatan dan pengerjaan ulang yang tidak terduga. (Kapan Pengelasan Pulse Dibutuhkan?)

Drawn arc adalah proses stud welding yang paling mahal karena melibatkan langkah-langkah tambahan, tetapi metode ini menghasilkan pengelasan yang lebih kuat, menjadikannya yang paling bisa diandalkan tergantung spesifikasi pekerjaan. Namun, volume produksi yang besar disarankan menggunakan spot welding dengan anggaran yang lebih terjangkau.

  • Kualitas

Stud welding tidak memengaruhi tampilan permukaan material, karena pengelasan dilakukan di satu sisi bahan induk, sehingga hasil akhir tidak terlihat. Itu juga tidak meninggalkan bekas di sisi sebaliknya dari material. Teknik ini tidak melemahkan material atau membuatnya rentan terhadap cairan walaupun dengan proses melubangi atau membuat lubang pada material tersebut. Hasil stud welding cenderung sangat tahan lama dan memberikan pengelasan yang umumnya lebih kuat dari komponen aslinya. (Perlengkapan Wajib Welder Pemula)

Ketika spot welding, kekuatan lasan bergantung pada kebersihan, suhu, dan gaya logam dan elektroda. Namun, proses ini cenderung melengkungkan material.

Pengelasan titik adalah pilihan populer untuk produksi massal untuk aplikasi tertentu, tetapi bahan yang digunakan terbatas. Sebagai perbandingan, stud welding sangat serbaguna. Kedua prosedur menawarkan kecepatan, tetapi stud welding dapat memotong biaya dan memastikan hasil yang berkualitas tinggi.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.