Genset atau generator set memainkan peran kunci dalam berbagai industri, termasuk pengelasan. Memahami potensi bahaya yang terkait dengan penggunaan genset untuk mesin las (welding) adalah krusial untuk memastikan efisiensi operasional dan yang lebih penting, keselamatan dari welder. Dalam artikel ini, kami akan menggali detail penggunaan genset dalam pengelasan dan menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai penggunaan generator/genset sebagai daya untuk menjalankan mesin las inverter. Berikut adalah daftar pertanyaan yang sudah kami kumpulkan:

  1. Listrik Genset vs. Listrik Utama
  2. Potensi Bahaya Listrik Genset
  3. Bahaya Pada Mesin Inverter
  4. Pertimbangan Menggunakan Generator Untuk Las
  5. Penggunaan Generator Kecil
  6. Meentukan Genset Yang Sesuai

Listrik Genset vs. Listrik Utama

Jika dibandingkan dengan daya dari sumber listrik utama, listrik dari generator bisa dibilang bersifat “kotor” sehingga berpotensi merusak komponen elektronik yang sensitif di dalam perangkat elektronik. Penggunaan genset kecil yang paling sering digunakan untuk mengoperasikan perkakas listrik seperti mesin las karena portabilitas dan keterjangkauannya.

Pada saat yang sama, penggunaan generator menawarkan banyak keuntungan bagi operator yang ingin menjalankan mesin las inverter mereka di lapangan atau tempat yang tidak mungkin atau sulit untuk mengakses daya listrik. Orang menggunakan genset untuk mesin las karena beberapa alasan, yaitu:

  • Genset dapat menyediakan listrik di tempat-tempat di mana tidak ada listrik utama.
  • Genset dapat menyediakan listrik yang stabil (tergantung jenis & kualitas dari genset), yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin las.
  • Genset dapat menyediakan listrik yang cukup untuk mengoperasikan mesin las dengan kapasitas besar.

Jadi tidak heran pertanyaan inilah yang muncul pertama kali sebelum operator mempertimbangkan untuk membeli mesin las inverter: “apakah aman menjalankan mesin las menggunakan generator/genset?”. Mesin las inverter masih dapat dijalankan menggunakan generator sampai pada tingkat tertentu, namun tidak semua mesin las memiliki perlindungan dari daya “kotor” yang dihasilkan oleh genset dalam jangka waktu yang panjang.

Potensi Bahaya Listrik Genset

Daya pada arus AC membentuk suatu pola yang disebut gelombang sinus (gambar dibawah). Ketika menjalankan perangkat listrik yang sensitif seperti mesin inverter atau komputer, daya dengan gelombang sinus lah yang paling aman, namun dalam kenyataan hampir tidak mungkin untuk dicapai.

Daya dari sumber listrik utama (biasanya) relatif lebih dekat ke dengan daya sinus yang sempurna (seperti gambar di atas) karena itu daya listrik jarang menimbulkan masalah.

Di sisi lain, daya dari penggunaan generator portabel biasanya lebih kotor karena frekuensi gelombang tidak konsisten meskipun rata-rata daya yang dikeluarkan masih dapat dibaca sebagai 240V pada alat pengukur seperti multimeter dan juga daya dari generator juga rentan dari lonjakan tegangan.

Pada generator lonjakan tegangan bisa diakibatkan beberapa alasan, beberapa diantaranya:

  • Kualitas generator – semua generator portable biasanya menghasilkan daya yang tidak konsisten jika dibandingkan dengan gelombang sinus yang sempurna. Meskipun generator dapat menjalankan perkakas listrik sederhana tanpa masalah, generator tidak cocok untuk menjalankan mesin yang berbasis inverter karena tegangannya yang cenderung berfluktuasi dan melonjak pada tingkat yang sangat parah.
  • Menghidupkan dan mematikan – ketika menghidupkan dan mematikan generator, mesin pastinya tidak berjalan dengan lancar dan pada kecepatan yang konstan. Hal ini lah yang memungkinkan generator menghasilkan output yang sangat berfluktuasi
  • Gangguan bahan bakar – sama seperti proses menyalakan dan mematikan mesin, jika generator kehabisan bahan bakar atau terjadi sumbatan pada pemasok bahan bakar, mesin biasanya akan memperlambat atau mempercepat, lagi-lagi akan menyebabkan fluktuasi daya
  • Muatan dan ukuran generator – generator dengan ukuran yang kecil atau dengan beban yang berlebihan akan bekerja dengan sangat keras untuk mencoba dan mempertahankan suplai arus yang cukup. Ketika beban dihilangkan (misalnya saat pengelasan berhenti) mesin akan berada pada tahap idle dan proses menyalakan kembali lah yang akan meningkatkan output tegangan, terkadang sampai tingkat yang bahaya
  • Kurangnya perawatan – generator yang tidak dirawat dengan baik akan memberikan hasil yang sama dengan generator berkualitas buruk.

Tegangan listrik yang tidak stabil ini dapat mempengaruhi kinerja mesin las dan juga kualitas dari pengelasan. Stabilitas busur menjadi tidak stabil  karena pasokan listrik yang tidak konsisten sehingga dapat mempengaruhi kualitas dari pengelasan. Kekuatan dari hasil las akan menjadi berkurang karena busur yang tidak stabil ini.

Bahaya Pada Mesin Inverter

Untuk mendapatkan banyak keuntungan yang ditawarkan oleh mesin inverter seperti berkurangnya ukuran dan berat, maka ada beberapa hal yang harus dikorbankan. Pada mesin transformer daya yang masuk harus melewati transformator sebelum melewati komponen-komponen listrik yang sensitif.

Komponen utama yang menjadi perhatian adalah kapasitor. Kapasitor adalah perangkat yang terus-menerus mengisi dan melepaskan tegangan. Pada mesin las inverter, kapasitor akan mengisi sekitar 1.4 kali tegangan input standar. Sebagai contoh pada mesin dengan daya listrik 240V, maka kapasitor akan mengisi daya sekitar 335V. Jadi jika terjadi lonjakan 280V, kapasitor akan mengisi daya sekitar 395V yang mengakibatkan peningkatan tegangan sebesar 155V. Fluktuasi tegangan yang signifikan inilah yang dapat merusak dan menghancurkan komponen elektronik pada mesin las inverter.

Pertimbangan Menggunakan Generator Untuk Las

Anda bisa menggunakan panduan di bawah ini untuk mengurangi resiko kerusakan pada mesin agar mesin dapat berjalan dengan maksimal

  • Ukuran generator

Menemukan ukuran yang generator yang sesuai untuk kebutuhan las tidaklah mudah. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan adalah: penarikan daya dari mesin las, rated output dari generator (ada beberapa generator yang memiliki rated output yang lebih dari angka yang tercantum), apakah generator akan digunakan untuk peralatan listrik lainnya secara bersamaan

Dibawah ini adalah rekomendasi untuk memilih ukuran generator yang sesuai (1)

Max. Output Mesin Las Inverter

Ukuran generator minimal (2)

Ukuran generator ideal (3)

sampai  130A

6kva (4.75 kw (4))

7+kva (5.75 kw (4))

  140-160A

7kva (5.75 kw (4))

8+kva (6.5 kw (4))

  180–200A

8kva

10+kva

  250A

13kva

15+kva

1: Perhatikan apakah generator digunakan untuk peralatan listrik lain bersamaan dengan penggunaan mesin las. Angka ini hanyalah perkiraan dan tetap menggunakan rekomendasi pabrikan
2: Ukuran minimal adalah ukuran yang kami sarankan untuk meminimalkan resiko dari lonjakan tegangan.
3: Ukuran ideal ini bertujuan untuk mengurangi masalah pada power supply dan memungkinkan untuk mendapatkan output yang lebih tinggi
4: Perkiraan setara dengan generator inverter, berdasarkan power factor 0.8

  • Kualitas generator

Generator yang cocok untuk menjalankan mesin inverter harus memiliki output THD (Total Harmonic Distortion) yang rendah. Produsen generator dapat menentukan peringkat THD pada produk mereka. Generator dengan peringkat THD rendah (6% atau kurang) akan memiliki daya yang relatif ‘bersih’ sehingga cocok untuk menjalankan mesin las inverter. Sedangkan generator yang memiliki THD tinggi (diatas 6%) kemungkinan generator tersebut berkualitas rendah dan tidak boleh digunakan untuk menjalankan mesin las inverter.

Hal yang boleh dan tidak dilakukan ketika menggunakan generator untuk las

  1. Menyalakan dan mematikan – selalu cabut kabel power mesin las sebelum menyalakan atau mematikan generator
  2. Bahan bakar – pastikan bahan bakar cukup selama proses penggunaan mesin las. Generator tidak boleh sampai kehabisan bahan bakar selama mesin las masih terhubung dengan generator
  3. Perawatan – selalu jaga kondisi generator agar tetap baik, jangan gunakan generator yang kondisinya sedang tidak baik.
  4. Kabel listrik – selalu gunakan kabel listrik heavy duty, jangan gunakan kabel dengan kualitas yang buruk atau kabel yang rusak.

Selain hal-hal diatas, berikut adalah rekomendasi ukuran elektroda yang dapat digunakan.

Max. Output Mesin Power Supply Ukuran kabel minimum*
Sampai 200A   240V 10A/15A   Panjang sampai 10m: 2.0mm2

  Panjang lebih 10m: 2.5mm2

  250A   240V 15A   2.5mm2
  240V 20/25/32A   4.0mm2

*rekomendasi tabel di atas hanya untuk perkiraan dan jangan mengganti ukuran kabel yang direkomendasikan pabrik

Penggunaan Generator Kecil

Seperti yang ditunjukan pada tabel rekomendasi ukuran genset diatas, ukuran minimum generator adalah tidak kurang dari 7kva (untuk mesin di atas 160A). Sering ada pertanyaan “kenapa saya tidak bisa menggunakan generator 5kva untuk mengelas”. Bahkan terkadang ada produsen mesin las yang menyebutkan mesin mereka bisa digunakan pada generator kecil seperti 4-5kva.

Mesin pasti masih bisa beroperasi sampai pada level tertentu, tapi berikut adalah alasan mengapa menggunakan generator kecil bukanlah ide yang bagus.

  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa generator harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan sehingga sangat mungkin terjadi lonjakan daya yang parah dan dapat merusak mesin, atau penyebab lainnya generator sering mati
  • Output dari mesin las kemungkinan berkurang, sampai pada satu titik dimana mesin tidak bisa digunakan
  • Seringkali generator digunakan untuk mengoperasikan peralatan listrik lainnya pada saat yang bersamaan

Meskipun generator yang lebih besar akan memakan biaya yang lebih mahal, namun dengan menggunakan ukuran generator yang tepat (atau lebih besar) memungkinkan untuk anda menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan mengurangi resiko kerusakan pada mesin las.

Menentukan Genset Yang Sesuai

  • Kualitas generator. Seperti yang sudah disebut di atas bahwa generator yang cocok untuk menjalankan mesin inverter adalah yang memiliki THD output 6% atau lebih rendah.
  • Heavy duty / frekuensi penggunaan. Jika penggunaan generator sangat intens seperti sering digunakan, penggunaan terus menerus, atau bahkan tiap hari, kami merekomendasikan anda untuk membeli generator yang memiliki pengaturan kompon (brushed alternator) atau pengaturan tegangan otomatis/Automatic voltage regulation (AVR)

Meskipun umumnya generator tipe ini lebih mahal jika dibandingkan dengan generator standar, generator ini menawarkan pengaturan dan output tegangan yang jauh lebih unggul dan ‘lebih bersih’. Ini berarti generator ini memiliki kemungkinan yang jauh lebih kecil untuk menyebabkan masalah pada power supply yang akan berakibat pada mesin las mati atau rusak.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan Chemicals.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1