Apa itu pengelasan MMA (manual metal arc)? Las MMA adalah salah satu teknik pengelasan yang paling serbaguna dan umum. Pengelasan ini juga sering disebut dengan las shielded metal arc welding (SMAW) atau las stik yang prosesnya membutuhkan busur yang bekerja diantara elektroda yang dilapisi flux dan benda kerja. Elektroda dan benda kerja ini meleleh dan membentuk lasan. Dibawah kita akan membahas lebih jauh mengenai las MMA mulai dari cara kerja, penggunaan, dan lainnya.

Apa Itu Las MMA?

Cara paling mudah mengetahui apa itu las mma adalah dengan mengetahui proses kerjanya. Dalam las MMA elektroda ditempatkan pada elektroda holder dan seketika langsung terhubung, lalu menghasilkan arus pendek dan memunculkan busur las pada elektroda. Elektroda beserta pelapisnya (flux) mencair dan slugnya terbentuk diatas permukaan yang di las selama proses pengelasan. 

Panas dari busur melelehkan elektroda dan logam induk yang bergabung bersama menciptakan massa padat yang keras saat didinginkan. Kawat atau elektroda menjadi bahan consumable dan berfungsi sebagai pengisi dari logam yang dilas. Proses ini memungkinkan untuk menggabungkan besi, baja, baja tahan karat, dan besi non ferro. Pengelasan MMA ini juga ideal untuk penyambungan banyak baja karbon sedang dan tinggi.

Untuk menghasilkan busur antara elektroda dan logam selama proses las, dibutuhkan arus listrik yang bersumber dari power supply. Busur ini akan mencairkan elektroda dan menjadi tetesan logam cair dan membentuk lasan. Lapisan flux elektroda juga meleleh dan menciptakan gas pelindung, yang menciptakan lapisan slag untuk melindungi lasan dari degradasi di atmosfer dan setelah proses pengelasan slag ini harus dihilangkan.

pengelasan mma

Ada tujuh parameter untuk yang menjadi dasar untuk mendapatkan hasil las MMA yang baik, berikut adalah ketujuhnya

  • Mempersiapkan benda kerja yang ingin di las dengan benar
  • Menggunakan elektroda yang tepat
  • Kecepatan kerja yang sesuai
  • Ukuran elektroda yang sesuai dengan pekerjaan
  • Sudut elektroda yang sesuai dengan jenis pekerjaan
  • Panjang busur yang tepat
  • Arus las yang sesuai

Kegunaan Las MMA

Pengelasan MMA memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan metode pengelasan yang lain. Sebagai contoh dalam pengelasan MIG, las MMA bisa lebih banyak menghasilkan daya dibandingkan dengan las MIG. Hal ini berarti kamu dapat menggabungkan bahan yang lebih kuat dengan tingkat arus yang sama. Mesin las MMA inverter kecil bahkan mampu mengelas elektroda hingga 4mm, hal ini membuatnya ideal untuk digunakan pada material tebal tanpa pengaplikasian gas pelindung atau wire feeder yang rumit. 

MMA juga menjadi semakin portable dengan penggunaan teknologi inverter dan sering digunakan untuk aktivitas lapangan. Dan yang terakhir las MMA dinilai lebih bisa diandalkan dalam pengelasan bahan yang terkontaminasi atau berkarat.

Mesin Las MMA Inverter

Mesin las inverter modern dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengelasan MMA, dan mereka menawarkan karakteristik dan efisiensi yang sangat baik pengaturan dapat dilakukan secara elektronik untuk setiap operasi. 

Mesin las inverter dapat membantu menghemat biaya dan memiliki kelebihan lainnya

  • Memiliki tingkat kontrol dan efisiensi yang tinggi
  • Ringan dan solid jika dibandingkan dengan pendahulunya
  • Bisa memberikan output yang besar dengan input yang lebih kecil
  • Penggunaan daya yang benar-benar efisien

Komponen Dalam Mesin Las MMA

Berikut adalah beberapa komponen yang bekerja dalam sistem pengelasan MMA:

Jasic Welding Inverter MMA (Stick) System

Sumber Listrik

Komponen utama dalam mesin las MMA adalah sumber daya listrik. Mesin las MMA biasanya menggunakan listrik AC (Arus Bolak-Balik) atau DC (Arus searah) sebagai sumber daya. Pilihan antara AC atau DC tergantung pada jenis pengelasan yang akan dilakukan dan sifat material yang akan disambungkan.

Ground Clamp dan Electrode Holder

Ground clamp dan electrode holder adalah komponen yang menghubungkan mesin las dengan materi las yang disambungkan. Electrode holder berguna untuk untuk memegang electrotroda selama proses pengelasan. Ground clamp berguna untuk menghubungkan materi las dengan dengan mesin las.

Kabel Las

Diameter kabel las umumunya dipilih berdasarkan arus yang digunakan selama proses pengelasan. Semakin tinggi arus dan pekerjaan, semakin besar diameter kabel yang dibutuhkan untuk memastikan kabel tidak terlalu panas. Jika pengelasan dilakukan jauh dari sumber listrik, anda perlu menambahkan diameter kabel untuk mengurangi tegangan yang jatuh.

Panduan Kabel Las Inverter Jasic

Elektroda

Elektroda merupakan komponen penting dalam mesin las MMA. Elektroda terbuat dari logam yang sesuai dengan material yang akan disambungkan. Elektroda dilapisi dengan fluks yang berfungsi melindungi busur pengelasan dari oksidasi dan kontaminasi, serta memberikan perlindungan gas. Ketika busur pengelasan terbentuk, elektroda akan meleleh dan memberikan material pengisi yang akan menyambungkan material kerja.

Ukuran elektroda dapat disesuaikan dengan arus yang digunakan ketika mengelas. Anda bisa menggunakan rekomendasi yang diberikan pada buku manual atau bisa mengikuti ilustrasi pada tabel di bawah.

Jasic Welding Inverters Electrode Current Guide

Proteksi dan Kontrol

Mesin las MMA juga dilengkapi dengan berbagai fitur proteksi dan kontrol. Ini termasuk saklar on/off, kontrol arus pengelasan, termal overload protection (perlindungan beban berlebih), dan indikator suhu. Fitur-fitur ini memastikan penggunaan yang aman dan menjaga kinerja mesin las dalam batas yang diinginkan.

Dalam mesin las MMA, komponen-komponen tersebut bekerja bersama-sama untuk menghasilkan busur pengelasan yang kuat dan efektif. Memahami fungsi dan peran masing-masing komponen dapat membantu operator dalam menggunakan mesin las MMA dengan baik dan mencapai hasil pengelasan yang optimal.

Alasan Memilih Las MMA

Saat ini pengelasan mma merupakan metode las yang paling banyak digunakan sehingga menunjukan kalau mma merupakan metode las yang baik. Alasan mengapa banyak welder yang menggunakan metode las ini adalah karena pertimbangan dibawah ini :

  • Biaya
    Perangkat las MMA relatif lebih murah dan biaya perawatannya lebih kecil jika dibandingan dengan metode pengelasan lainnya.
  • Fleksibel dan serbaguna
    Meskipun pengelasan MMA banyak digunakan untuk las besi dan baja tapi masih banyak jenis logam yang dapat dilas dengan metode ini. Beberapa diantaranya adalah tembaga, nikel, dan aluminium. Selain itu pengelasan MMA juga tidak terpengaruh dengan cuaca seperti pengelasan TIG dan MIG, sehingga menjadikannya pengelasan yang paling efisien untuk pengerjaan luar ruangan.
  • Kemudahan
    Peralatan dapat dioperasikan dengan mudah dan juga teknik untuk mempelajarinya lebih mudah jika dibandingakan dengan metode pengelasan lainnya.
  • Mobilitas
    Ringan dan ringkas, mesin las mma ini mudah dibawa dan cocok untuk pengerjaan dimana saja karena tidak memerlukan perlengkapan tambahan seperti tabung gas pada pengelasan MIG dan TIG.

mesin las mma terbaik

Jangan ragu untuk menghubungi CV Citra Harapan Jaya ketika Anda mencari mesin las MMA yang handal. Kami memiliki berbagai opsi dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.


CV Citra Harapan Jaya merupakan supplier mesin las dan aksesoris terlengkap untuk memenuhi kebutuhan individu maupun industri. Pemegang lisensi resmi mesin las listrik inverter dan transformer terbaik di Indonesia CNR, Daesung, Jasic, dan Weldteco. Kami juga menjual berbagai kebutuhan industri lainnya, seperti Kobachi Chain Block Manual, Chain Block Electric, dan distributor resmi Nabakem Chemicals di Indonesia.

Untuk informasi lainnya mengenai perkembangan industri teknik dan dunia pengelasan kamu bisa lihat di sini. Atau klik pada logo whatsapp dibagian kanan bawah untuk berbicara dengan layanan Customer Service kami untuk mendapatkan Penawaran Terbaik.

ONE STOP SOLUTION FOR YOUR WELDING AND INDUSTRIAL NEEDS.

Sumber 1 |Sumber 2 | Sumber 3